Friday, September 8, 2017

Dasar Pemograman TIPE, NAMA dan NILAI

Dasar Pemograman TIPE, NAMA dan NILAI
Tipe, Name, dan Nilai

Hello good millennial, jumpa lagi di blogger joeshapictures tema hari ini adalah tentang "Dasar Pemograman TIPE, NAMA dan NILAI" penasaran, yuk kita baca !

Untuk mendeklarasikan variabel, sebelumnya harus ditentukan tipenya terlebih dahulu. Tipe ini menentukan nilai yang dapat disimpan variabel tersebut dan operator-operator apa saja yang dapat dikenakan padanya. Suatu tipe menyatakan pola penyajian data dalam komputer. Mendefinisikan tipe berarti 
  • Menentukan nama tipe data itu
  • Mendefinisikan domain nilai yang dapat dimiliki 
  • Perjanjian tentang cara menulis tetapan bertipe tersebut
  • Operator yang dapat dioperasikan terhadap data bertipe tersebut

Tipe data dapat dikelompokan menjadi dua macam :

1. Tipe dasar / sederhana : 
  • bilangan logik 
  • bilangan bulat
  • bilangan riil
  • karakter

2. Tipe bentukan :
  • rekaman (record)
  • String
  • Larik (array)

Dan secara rinci ada enam kelompok tipe data, yaitu :

1. Tipe sederhana. Tipe ini dibagi lagi menjadi dua tipe, yaitu:
a. Tipe real.
b. Tipe ordinal. 
Tipe ordinal sendiri dibagi lagi menjadi beberapa tipe, yaitu :
  • Tipe bilangan bulat
  • Tipe boolean
  • Tipe karakter
  • Tipe terbilang
  • Tipe subjangkauan

2. Tipe string, yaitu sekumpulan karakter.
3. Tipe terstruktur. Tipe ini dibagi lagi menjadi lima, yaitu :
  • Tipe larik (array)
  • Tipe rekaman
  • Tipe objek
  • Tipe himpunan
  • Tipe berkas 

4. Tipe pointer.
5. Tipe prosedural.
6. Tipe objek.

Tidak semua tipe diatas akan dibahas pada modul ini, karena memang ada beberapa tipe data yang jarang digunakan.

Tipe Dasar

Dalam dunia pemrograman, yang termasuk tipe dasar adalah bilangan logika, bilangan bulat, karakter, bilangan Riil, dan string. Tiga tipe dasar yang pertama disebut juga tipe ordinal karena setiap konstanta nilainya dapat ditransformasikan ke suatu nilai integer.

Bilangan Logika

Nama Tipe
Nama tipe bilangan logik adalah boolean

Ranah Nilai (jangkauan)
Bilangan logik hanya mengenal dua buah nilai: benar (true) atau salah (false). Istilah “bilangan” pada “bilangan logik” muncul karena nilai “benar” dan “salah” dapat dinyatakan dengan angka 1 dan 0 (atau sebaliknya tergantung konvensi yang digunakan).

Konstanta
Karena ranah nilai tipe boolean hanya beranggotakan dua buah nilai, maka konstanta (constant) atau tetapan yang terdapat pada tipe ini adalah true dan false
Operasi–operasi yang dapat terhadap tipe boolean dikenal dengan operasi logika atau operasi boolean. Operasi logika menghasilkan nilai true atau false. Operator yang umum digunakan untuk operasi logika adalah: not, and, or, xor.

Bilangan Bulat

Nama Tipe
Nama tipe bilangan bulat adalah integer 

Ranah Nilai (jangkauan)
Dalam algoritma kita dapat mendefinisikan ranah tertentu untuk obyek yang kita definisikan. Pendefinisian ranah ini diperlukan untuk menyatakan bahwa nilai obyek hanya boleh berada dalam ranah tersebut. Misalnya obyek “jam“ didefinisikan bertipe bilangan bulat dengan ranah nilai untuk “jam” adalah dalam {0..23}. implementasi tipe integer dalam bahsa pemrograman tergantung pada kompilator bahasa yang digunakan.

Tipe bilangan bulat adalah tipe yang memiliki keterurutan. Ini artinya, bila sebuah nilai bilangan bulat diketahui, nilai sebelumnya (predecessor) dan nilai sesudahnya (successor) dapat ditentukan. Contohnya, predecessor dari 8 adalah 7, sedangkan  successor-nya adalah 9.

Konstanta
Konstanta untuk nilai bertipe bilangan bulat harus ditulis tanpa mengandung titik desimal.

Operasi
Operasi yang dilakukan terhadap bilangan bulat ada dua macam, yaitu operasi aritmetika dan operasi perbandingan. 

a. Operasi Aritmetika
Operasi aritmetika terhadap bilangan bulat dengan sembarang operator aritmetika akan menghasilkan nilai yang bertipe bilangan bulat juga. Operator aritmetika yang berlaku pada bilangan bulat adalah:

Dasar Pemograman TIPE, NAMA dan NILAI
Operasi Aritmetika

Operator div (divide) adalah operator pembagian khusus untuk bilangan bulat yang memberikan hasil pembagian berupa bilangan bulat, sedangkan mod (modulo) memberikan sisa hasil pembagian.
Obyek yang dioperasikan disebut operand. Misalkan pada operasi a + b, masing-masing a dan b adalah operand, sedangkan “+” adalah operatornya. Semua operator di atas membutuhakan dua buah operand dalam pengoperasiannya, sehingga disebut juga operator biner. Khusus untuk operator “-“, dapat juga menjadi operator uner, karena dapat dioperasikan sebagai dengan satu operand, misalnya –5, -25, dan sebagainya.

b. Operasi Perbandingan
Operasi perbandingan terhadap bilangan bulat dengan salah satu operator relasional menghasilkan nilai boolean (true atau false). Operator perbandingan untuk bilangan bulat adalah:

Dasar Pemograman TIPE, NAMA dan NILAI
Operasi Perbandingan

Bilangan Riil

Bilangan riil adalah bilangan yang mengandung pecahan desimal, misalnya 3.65, 0.0003,, 2.60240000E-6, .24, dan lain-lain. 

Nama Tipe
Nama tipe bilangan riil adalah real 

Ranah Nilai (jangkauan)
Dalam implementasinya , tipe real mempunyai rentang nilai yang terbatas tergantung dengan kompilator yang digunakan (secara teoritis  tipe bilangan riil memiliki rentang nilai yang tidak terbatas).

Konstanta
Setiap konstanta yang bertipe bilangan riil harus ditulis dengan tanda titik desimal.

Operasi
Operasi yang dilakukan terhadap bilangan riil ada dua macam, yaitu operasi aritmetika dan operasi perbandingan. 

a. Operasi Aritmetika
Operasi aritmetika terhadap bilangan riil dengan sembarang operator aritmetika akan menghasilkan nilai yang bertipe bilangan riil juga. Operator aritmetika yang berlaku pada bilangan riil adalah:

Dasar Pemograman TIPE, NAMA dan NILAI
Operasi Aritmetika

Umumnya kompilator bahasa pemrograman membolehkan operasi campuran, yaitu operasi aritmetika dengan salah satu operand-nya bertipe bilangan riil sedangkan operand lainnya bilangan bulat. Oleh kompilator tersebut, nilai operand bilangan bulat dikonversi menjadi bilangan riil. Hal ini juga berlaku bila semua operand merupakan bilangan bulat, sedangkan peubah penampungnya bertipe riil.
Sedapat mungkin di dalam algoritma kita menghindari operasi campuran.

b. Operasi Perbandingan
Operasi perbandingan terhadap bilangan riil dengan salah satu operator relasional menghasilkan nilai boolean (true atau false). Operator perbandingan untuk bilangan riil adalah:

Dasar Pemograman TIPE, NAMA dan NILAI
Operasi Perbandingan

Pada operasi perbandingan terhadap bilangan riil tidak mengenal operator kesamaan atau “=”. Hal ini karena bilangan riil tidak dapat disajikan secara tepat oleh komputer. Misalnya 1/3 tidak sama dengan 0.3333333, sebab 1/3=0.33333333……….. (denga angka tiga yang tidak pernah berhenti.

Variabel/ Parameter

Variabel adalah identifier yang berisi data yang dapat berubah-ubah nilainya didalam program. 
Contoh variabel (pengenal) yang benar :
  • Semester_1
  • N2
  • K
  • HargaBarang
  • Nilai_Akhir
  • JumlahPenduduk
  • Jumlah_Total

Contoh variabel identifier (pengenal) yang salah :
  • Semester  1
  • 2N
  • Harga  Barang
  • Jumlah-Penduduk

Operator

Pada dasarnya ada tujuh macam operator, yaitu :
  • operator pemberian nilai, contoh : = 
  • operator aritmetik , contoh : +, - , *, /, div, mod 
  • operator pemanipulasi bit
  • operator Boolean, contoh : And, Or, Nand, Nor, Xor 
  • operator pembanding, contoh : >, > , <, < , <>
  • operator himpunan, contoh : + (Union) , - (Selisih) , * (Intersection)
  • operator string, contoh : + (concat)

Tapi pada modul ini tidak akan dibahas semua operator tersebut, hanya beberapa saja, mengingat keterbatasan yang ada. 

Operator Pemberian Nilai
Operator yang paling sering digunkan adalah operator pemberian nilai. Contoh :

A := 12 ; 
{untuk tipe bil. Bulat / integer}
B := ‘Hallo….’ ;
{untuk tipe string}
Phi := 3.14 ;
{untuk tipe real}

Operator Aritmetik
Operator aritmetik hanya dapat dipakai pada operan bertipe bilangan bulat dan riil. Ada enam macam operator aritmetik, yaitu :

Dasar Pemograman TIPE, NAMA dan NILAI
Operator Aritmetik

Berikut ini adalah contoh penggunaan operator aritmetik :
  • X := y + z ;
  • Z := a – b – c – d ;
  • L := 5 * 9 * 3.14 ;
  • X := a / b ;
  • C := 10 div 2 ;
  • D := i mod j ;

Terima kasih sudah membaca semoga apa yang kita baca hari ini bisa bermanfaat bagi kita semua, sebelum meninggalkan blogger joeshapictures sebaiknya di share dulu, apa yang kita dapat hari ini ada baiknya jika kita membagikan pengetahuan kepada orang lain. Sampai jumpa di artikel selanjutnya . . .

Algoritma | Akademi Komunitas (POLTEK) Negeri Bojonegoro

Hello good millennial, jumpa lagi di blogger joeshapictures tema hari ini adalah tentang "Algoritma | Akademi Komunitas (POLTEK) Negeri Bojonegoro" penasaran, yuk kita baca !

Algoritma | Akademi Komunitas (POLTEK) Negeri Bojonegoro
Algoritma | Akademi Komunitas (POLTEK) Negeri Bojonegoro

Pengertian Algoritma

Sebuah algoritma merupakan deskripsi pelaksanaan suatu proses, dimana algoritma disusun oleh sederetan langkah instruksi yang logis. Kata logis merupakan kata kunci dalam sebuah algoritma. Langkah-langkah di dalam algoritma harus logis, ini  berarti hasil dari urutan langkah-langkah tersebut harus dapat ditentukan, benar atau salah. Langkah-langkah yang tidak benar dapat memberikan hasil yang salah.

Sebagai contoh, tinjau persoalan mempertukarkan isi dua bejana, A dan B. Bejana A  berisi larutan yang berwarna merah, sedangkan bejana B  berisi air berwarna  biru. Kita ingin mempertukarkan isi kedua bejana itu sedemikian sehingga bejana A berisi larutan berwarna biru dan bejana B berisi larutan berwarna merah. Untuk mempertukarkan isi dua bejana, kita memerlukan sebuah bejana tambahan yang diperlukan sebagai tempat penampungan sementara. Sebut bejana tambahan tersebut bejana C. Dengan menggunakan bejana bantu C ini, algoritma mempertukarkan isi dua buah bejana yang benar adalah sebagai berikut ini:

Algoritma Tukar Isi Bejana

Diberikan dua buah bejana, A dan B; bejana A berisi larutan berwarna merah, bejana B berisi larutan berwarna biru. Pertukarkan isi kedua bejana itu sedemikian sehingga bejana A berisi  larutan berwarna biru dan bejana B berisi larutan berwarna merah.

Deskripsi:
1. Tuangkan larutan dari bejana A ke dalam bejana C.
2. Tuangkan larutan dari bejana  B ke dalam bejana A.
3. Tuangkan larutan dari bejana C ke dalam bejana B.

Tahapan Pelaksanaan Program Oleh Komputer

Algoritma | Akademi Komunitas (POLTEK) Negeri Bojonegoro
Algoritma | Akademi Komunitas (POLTEK) Negeri Bojonegoro

Keterangan:

Algoritma di translasikan menjadi program dalam bahasa tingkat tinggi. Selanjutnya, program dikompilasi dan diterjemahkan menjadi program dalam bahasa mesin dan di-link dengan berkas library. Instruksi dalam bahasa mesin diinterpretasikan oleh CPU. Operasi yang bersesuaian dengan setiap instruksi dilaksanakan.

Notasi Algoritma

Notasi algoritma dapat diterjemahkan  ke dalam berbagai bahasa pemrograman. Notasi algoritma bukan notasi bahasa pemrograman, sehingga siapapun dapat membuat notasi algoritma yang berbeda. Hal yang penting mengenai notasi tersebut adalah mudah dibaca dan dimengerti. Meskipun demikian untuk menghindari kekeliriuan, ketaatan terhadap notasi perlu diperhatikan. Di bawah ini notasi yang umum digunakan dalam penulisan algoritma :

Notasi I : menyatakan langkah-langkah algoritma dengan untaian kalimat deskriptif

Algoritma | Akademi Komunitas (POLTEK) Negeri Bojonegoro
Notasi I

Dengan notasi bergaya kalimat ini, deskripsi setiap langkah dijelaskan dengan bahasa yang gambling. Proses diawali dengan kata kerja seperti ‘baca’, ‘hitung’, ‘bagi’, ‘ganti’, dan sebagainya, sedangkan pernyataan kondisional dinyatakan dengan ‘jika…maka…’. Notasi ini bagus untuk algoritma yang pendek, namun untuk masalah yang algoritmanya besar, notasi ini jelas tidak efisien. Selain itu, pengkonversian notasi algoritma ke notasi bahasa pemrograman cenderung relative sukar. 

Notasi II : menggunakan diagram alur (Flow chart)

Diagram alir popular pada awal-awal era pemrograman dengan computer (terutama dengan bahasa Basic, Fortran, dan Cobol). Diagram alir lebih menggambarkan aliran instruksi di dalam program secara visual disbanding memperlihatkan struktur program. Notasi diagram alur lebih cocok digunakan untuk masalah yang kecil, untuk masalah yang besar tidak cocok digunakan karena membutuhkan berlembar halaman kertas. Selain itu, pengkonversian notasi algoritma ke bahasa pemrograman cenderung relatif sukar.

Notasi III : menggunakan Pseudo-code

Pseudo-code adalah notasi yang menyerupai notasi bahasa pemrograman tingkat tinggi, khususnya Pascal dan C. Bahasa pemrograman umumnya mempunyai notasi yang hamper mirip untuk beberapa instruksi seperti notasi if-then-else, while-do, repeat-until, read, write, dan sebagainya. Namun tidak seperti bahasa pemrograman yang direpotkan dengan tanda titik koma, indeks, format keluaran, kata-kata khusus, dan sebagainya, sembarang versi Pseudo-code dapat diterima asalakan perintahnya tidak membingungkan pembaca. Keuntungan menggunakan notasi Pseudo-code adalah kemudahan mentranslasi ke notasi bahasa pemrograman, karena terdapat korespodensi antara setiap Pseudo-code dengan notasi bahasa pemrograman.

Algoritma | Akademi Komunitas (POLTEK) Negeri Bojonegoro
Notasi III

Kata-kata yang digarisbawahi menyatakan kata-kata kunci untuk setiap notasi pseudo-code yang digunakan.

Proses, Instruksi, dan Aksi

Pada dasrnya, sebuah algoritma merupakan deskripsi pelaksanaan suatu proses. Tiap langkah instruksi tersebut mengerjakan suatu tindakan (aksi). Bila suatu aksi dilaksanakan, maka sejumlah operasi yang bersesuaian dengan aksi itu dikerjakan oleh pemroses. Efek dari pengerjaan suatu aksi dapat diamati dengan membandingkan keadaan pada saat aksi belum dimulai, dan keadaan pada saat aksi selesai dikerjakan.

Tahap-tahap penyususnan algoritma seringkali dimulai dari langkah yang global lebih dahulu. Langkah global ini diperhalus samapai langkah yang lebih rinci. Pendekatan desain algoritma seperti ini dinamakan Top-Down design. Cara pendekatan seperti ini sangant bermanfaat dalam membuat algoritma untuk masalah yang cukup rumit atau kompleks. Gagasan penghalusan langkah adalah memecah proses menjadi beberapa langkah. Tiap langkah diuraikan lagi menjadi beberapa langkah yang lebih sederhana. Penghalusan langkah terus berlanjut samapai tiap langkah sudah cukup rinci dan tepat untuk  dilaksanakan oleh pemroses.

Struktur Dasar Algoritma

Algoritma berisi langkah-langkah penyelesaian masalah. Langkah-langkah tersebut dapat berupa runtunan aksi, pemilihan aksi, dan pengulangan aksi. Ketiga jenis langkah tersebut membentuk konstruksi suatu algoritma. Jadi, sebuah algoritma dapat dibangun dari tiga buah struktur dasar, yaitu:
  • Runtunan (sequence).
  • Pemilihan (selection).
  • Pengulangan (repetition).

Runtunan
Sebuah runtunan terdiri dari satu atau lebih instruksi. Tiap instruksi dikerjakan secara berurutan sesuai dengan urutan penulisannya, yakni sebuah instruksi dilaksanakan setelah instruksi sebelumnya selesai dilaksanakan. Urutan instruksi menentukan keadaan akhir algoritma. Bila urutannya diubah, maka hasil akhir mungkin juga berubah.

Pemilihan
Adakalanya sebuah instruksi dikerjakan jika kondisi tertentu dipenuhi. Kondisi adalah persyaratan yang dapat bernilai benar atau salah.  Dalam pemilihan dikenal beberapa struktur pemilihan, yaitu:

If - then
Aksi hanya akan dilaksanakan apabila kondisi bernilai benar. Sebaliknya, apabila kondisi bernilai salah, maka aksi tidak akan dilaksanakan.
Struktur Umum:

if  kondisi then
Aksi

Struktur pemilihan if-then hanya memberikan satu pilihan aksi bila kondisi (persyaratan) dipenuhi (bernilai benar), dan tidak memberikan pilihan aksi lain bila kondisi bernilai salah. 

If-then-else
Struktur pemilihan ini memberikan dua buah aksi yang akan dikerjakan tergantung pada nilai kondisinya. Struktur umumnya:

if  kondisi then
aksi 1
else
aksi 2

Else artinya ”kalau tidak”. Bila kondisi benar, aksi 1 yang akan dikerjakan, tetapi kalau tidak, aksi 2 yang akan dikerjakan.
Contoh:

If  x  >  y  then
Tulis x sebagai bilangan terbesar
Else
Tulis y sebagai bilangan terbesar

Contoh diatas adalah untuk menentukan nilai terbesar dari dua buah bilangan bulat, x dan y (andaikan x ? y)

If-then-else if
Apabila pilihan aksi yang dilakukan lebih dari dua buah, maka struktur pilihannya menjadi lebih rumit, biasanya untuk pemilihan seperti ini disebut pemilihan bersarang.
Contoh: menentukan bilangan terbesar dari tiga buah bilangan: x, y, z:

If  x  >  y  then
If  x  >  z  then
Tulis x  sebagai bilangan terbesar
Else
Tulis z  sebagai bilangan terbesar
Else
If  y  >  z  then
Tulis y  sebagai bilangan terbesar
else
Tulis z  sebagai bilangan terbesar

Kelebihan struktur pemilihan terletak pada kemampuannya yang memungkinakan pemroses mengikuti jalur aksi yang berbeda berdasarkan kondisi yang ada.

Pengulangan
Pengulangan digunakan untuk menjalankan satu atau beberapa pernyataan sebanyak beberapa kali. Dengan kata lain, pengulangan memungkinkan pengerjaan beberapa kali perintah tetapi penulisan perintah tersebut hanya satu kali.

Struktur pengulangan yang umum digunakan antara lain :

Pernyataan for
Pernyataan pengulangan for digunakan jika kita sudah tahu berapa kali kita akan mengulang satu atau beberapa pernyataan. Bentuk umum pernyataan for adalah sbb:

For pencacah := nilai_awal to nilai_akhir do
Aksi 

Aksi akan dilakukan sebanyak hitungan pencacah pengulangan, yaitu dari nilai_awal sampai nilai_akhir

Pernyataan repeat-until
Pernyataan repeat-until akan melakukan pengulangan aksi hingga kondisi (persyaratan) berhenti terpenuhi. Bentuk umum pernyataan repeat-until adalah sbb:

Repeat
Aksi
Until  kondisi

Tidak seperti pada  struktur for-do yang jumlah pengulangannya diketahui sebelum pengulangan dilaksanakan, maka untuk struktur repeat-until digunakan jika jumlah pengulangan tidak dapt diketahui di awal. Namun yang pasti, pengulangan aksi akan terus dilakukan sampai kondisi berhenti dipenuhi.

Pernyataan while-do
Sama seperti pada pernyataan repeat-until, pada pernyataan while-do ini digunakan untuk pengulangan yang belum diketahui pasti jumlah pengulangannya. berakhirnya pengulangan ini ditentukan oleh suatu kondisi. Bila kondisi sudah tidak terpenuhi, maka pengulangan akan berakhir. Dengan kata lain, selama kondisi masih terpenuhi, pengulangan akan terus dilakukan. Bentuk umum pernyataan while-do adalah sebagai berikut:

While kondisi do
Aksi

Terima kasih sudah membaca semoga apa yang kita baca hari ini bisa bermanfaat bagi kita semua, sebelum meninggalkan blogger joeshapictures sebaiknya di share dulu, apa yang kita dapat hari ini ada baiknya jika kita membagikan pengetahuan kepada orang lain. Sampai jumpa di artikel selanjutnya . . .

Thursday, September 7, 2017

Internet | Akademi Komunitas (POLTEK) Negeri Bojonegoro

Pengertian Internet:

Internet | Akademi Komunitas (POLTEK) Negeri Bojonegoro
Internet


Hello good millennial, jumpa lagi di blogger joeshapictures tema hari ini adalah tentang "Internet | Akademi Komunitas (POLTEK) Negeri Bojonegoro" penasaran, yuk kita baca !

Internet adalah sebuah media informasi tanpa batas yang populer dengan sebutan cyberspace atau dunia maya (virtual world). Internet merupakan kependekan dari INTERCONNECTION NETWORKING, yakni sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia

Sejarah Internet :

Diawali dengan terbentuknya jaringan komputer pertama di Amerika Serikat yang diprakasai oleh lembaga yang bernama ARPAnet (US Defense Advanced Research Projects Agency) atau departemen pertahanan amerika pada tahun 1969. NSFnet, jaringan komputer Internasional yang dioperasikan oleh lembaga yang bernama National Science Foundation. Jaringan ini menghubungkan ratusan universitas dan lembaga-lembaga penelitian. MILnet, jaringan komputer untuk kepentingan militer. 

Internet, jaringan komputer yang terluas di bentuk tahun 1982 dengan menghubungkan jaringan utama pemerintahan yang ada (ARPAnet, NSFnet, dan MILnet) setelah itu pemerintah amerika serikat memberikan ijin ke arah komersial pada awal tahun 1990 yang sekarang menghubungkan ribuan jaringan tersebar di seluruh dunia. 

Internet | Akademi Komunitas (POLTEK) Negeri Bojonegoro


WWW

Www atau World Wide Web maupun Web saja adalah sebuah sistem yang saling terkait dalam sebuah dokumen berformat hypertext yang berisi beragam informasi, baik tulisan, gambar, suara, video, dan informasi multimedia lainnya dan dapat diakses melalui sebuah perangkat yang disebut web browser.

DNS

DNS (Domain Name System) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database)di dalam jaringan komputer. misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima (email) untuk setiap domain.

Internet | Akademi Komunitas (POLTEK) Negeri Bojonegoro
Kode DNS (Domain Name System)

URL

Pengertian URL (Uniform Resource Locator) adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet. URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991 agar penulis-penulis dokumen dokumen dapat mereferensikan pranala ke World Wide Web. Sejak 1994, konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya.

Contoh:
  • Source type://host domain/path or directory/filename
  • http://www.intersurf.com/~heinrich/lafossil1.html


HOSTING

Hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL atau DNS.

Peryaratan minimal yang dapat digunakan untuk koneksi internet yaitu:

  • Saluran komunikasi, misalnya ISDN (64 Kbps), Wave Line (2 Mbps) atau Dial-Up Connection (±40 Kbps) atau saluran lain misalnya Satelit
  • ISP (Internet Servis Provider) untuk akses yang memadai disarankan menilih ISP yang memiliki bandwidth terbesar, dan memiliki dua account dari ISP yang berbeda dengan maksud untuk ISP backup, 
  • Penyambungan komputer yang terhubung ke internet menggunakan saluran telepon sering disebut dengan DIAL UP Connection. Untuk menghubungkan komputer ke Internet dengan koneksi dial UP masih perlu persyaaratan lain, yaitu modem dial-up dan ISP. 
  • Modem berfungsi untuk menjembatani hubungan komputer dengan saluran telepon agar data dari komputer dapat melewati saluran telepon, sedangkan ISP digunakan sebagai provider yang dapat menghubungkan komputer komputer ke Internet.
  • Sebuah program browser / penjelajah internet (Internet explorer, mozilla Firefox, Opera, Safari, Google Chrome, dll)

Modem:

Modem Dial Up
  • Modem Internal adalah Modem yang di pasang di dalam komputer terutama pada slot ekspansi yang tersedia dalam motherboard komputer, yang biasanya disebut dengan NIC atau LAN CARD
  • Modem external adalah Modem yang letaknya diluar CPU Komputer, modem ini dihubungkan ke komputer melalui port com atau USB.

Modem Kabel
Perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Sebelum dapat terkoneksi dengan internet, maka pengguna harus untuk melakukan pendaftaran kepada penyedia jasa TV kabel dan ISP

Modem ADSL
ADSL(Asymmetric Digital Subcriber Line) memecah jalur telepon menjadi dua bagian untuk suara dan data, hal ini memungkinkan pengguna untuk melakukan dan menerima panggilan telepon dan melakukan koneksi internet secara simultan tanpa saling mengganggu.

Wifi Adaptor
Merupakan perangkat untuk melakukan koneksi internet melalui gelombang wifi pada daerah  yang terletak dalam wilayah jangkauan hotspot

Keuntungan & Kelemahan:

Keuntungan Modem Internal
  • Lebih hemat tempat dan harganya lebih ekonomis
  • Tidak membutuhkan adaptor sehingga terkesan lebih ringkas tanpa ada banyak kabel

Kelemahan Modem Internal:
  • Tidak terdapat lampu indikator sehingga sulit untuk memantau status modem
  • Tidak mempunyai sumber tegangan sendiri sehingga membutuhkan dari power supply. Hal ini mengakibatkan suhu dalam kotak CPU bertambah panas

Keuntungan Modem Eksternal:
  • Portabilitas cukup baik sehingga dapat dipindah-pindah untuk digunakan pada komputer lain
  • Dilengkapi lampu indikator sehingga mudah untuk memantau ststus dari modem.

Kelemahan Modem Eksternal:
  • Harga lebih mahal dari pada modem internal
  • Membutuhkan tempat atau lokasi tersendiri untuk meletakkan modem tersebut

Kegunaan Internet
  • Internet sebagai media komunikasi
  • Internet Sebagai Media Promosi
  • Internet sebagai Komunikasi Interaktif

Terima kasih sudah membaca semoga apa yang kita baca hari ini bisa bermanfaat bagi kita semua, sebelum meninggalkan blogger joeshapictures sebaiknya di share dulu, apa yang kita dapat hari ini ada baiknya jika kita membagikan pengetahuan kepada orang lain. Sampai jumpa di artikel selanjutnya . . .

Variabel, Konstanta, dan Ekspresi dalam Program JAVA

Variabel, Konstanta, dan Ekspresi


Variabel, Konstanta, dan Ekspresi dalam Program JAVA
Variabel, Konstanta, dan Ekspresi

Hello good millennial, jumpa lagi di blogger joeshapictures tema hari ini adalah tentang "Variabel, Konstanta, dan Ekspresi dalam Program JAVA" penasaran, yuk kita baca !

Konsep Variabel di JavaAdalah suatu wadah di memori komputer yang digunakan untuk menyimpan nilai dan nilai yang terkandung di dalamnya dapat diubah sewaktu-waktu ketika program dijalankan.

Deklarasi awal variabel
int x;

Contoh untuk dipraktikkan:
File : Variabel.java

public class Variabel {
    public static void main(String[] args) {
        int x; // Deklarasi variabel x

        x = 10;
        System.out.println("Isi x = " + x);

        x = 15;
        System.out.println("Isi x = " + x);
    }
}

Beberapa variabel dalam satu pernyataan deklarasi
int x;
int y;

Dapat digabung menjadi:
int x, y;

Pemberian nilai ketika variabel dideklarasikan
int jumlah = 10;
double harga = 20.5;

Contoh untuk dipraktikkan
File : Inisialisasi.java

public class Inisialisasi {
    public static void main(String[] args) {
        int jumlah;  // Deklarasi variabel jumlah
        double harga; // Deklarasi variabel harga

        jumlah = 10;
        harga = 20.5;

        System.out.println("Isi jumlah = " + jumlah);
        System.out.println("Isi harga  = " + harga);
    }
}

Tidak boleh mendeklarasikan ulang suatu varibel
File : Dekulang.java

public class Dekulang {
    public static void main(String[] args) {
        int nilai;   // Deklarasi variabel nilai

        nilai = 10;

        float nilai; // Deklarasi ulang

        System.out.println(nilai);
    }
}

Variabel, Konstanta, dan Ekspresi dalam Program JAVA

Tipe Data

public class TipeData {
    public static void main(String[] args) {
        short a = 35;
        int b = 50000;
        long c = 50000;
        float d = 45.5f;
        double e = 12345678.90123456;
        char f = 'A';
        boolean g = true;

System.out.println("a = " + a);
        System.out.println("b = " + b);
        System.out.println("c = " + c);
        System.out.println("d = " + d);
        System.out.println("e = " + e);
        System.out.println("f = " + f);
        System.out.println("g = " + g);
    }
}

Variabel, Konstanta, dan Ekspresi dalam Program JAVA

Pemberian Nama Variabel

Ketentuan yang berlaku sbb:
  • Nama variabel diawali dg huruf, atau karakter (_), atau tanda dolar ($)
  • Karakter berikutnya boleh huruf, angka, karakter (_), atau ($)
  • Huruf kecil dan besar dibedakan
  • Kata kunci seperti for dan while perlu dihindari sebagai nama varibel
  • Model punuk unta jika nama varibel lebih dari satu kata, awal kata kecil, kata selanjut besar, tanpa spasi

Contoh Variabel:
  • i
  • HET
  • A4
  • judul_buku
  • judulBuku
  • PenjualanTotal
  • $harga
  • konversiKe$

Kata kunci (Keyword) Adalah suatu kata bawaan Java yang ditujukan untuk kepentingan tertentu.
Konstanta Adalah suatu nama yg menyatakan nilai tetap
Mirip deklarasi variabel, tetapi diawali dengan keyword final 
Contoh :
final double PHI = 3.14;

Pengisian nilai ke variabel
File : IsiVar.java

public class IsiVar {
    public static void main(String[] args) {
        int a = 1;   // Konstanta
        int b = 2;   // Konstanta
        int c = b;   // variabel
        double x = Math.sqrt(25); // Metode
        double y = x + 2;    // Ekspresi

        System.out.println("a: " + a);
        System.out.println("b: " + b);
        System.out.println("c: " + c);
        System.out.println("x: " + x);
        System.out.println("y: " + y);
    }
}
Variabel, Konstanta, dan Ekspresi dalam Program JAVA

Ekspresi

Suatu bentuk komputasi atau perhitungan yang melibatkan operator dan operand. 
Operator menyatakan tindakan yg akan dilakukan, operand adalah objek yg dikenai tindakan

X + 2

Keterangan:
X = Operand
+ = Operator
2 = Operand
X + 2 = Ekspresi yg menghasilkan nilai

Contoh efek pembagian bilangan

public class Bagi {
    public static void main(String[] args) {
        int a = 7;
        double b = 7;

        System.out.println("a / 2   = " + a / 2);
        System.out.println("b / 2   = " + b / 2);
        System.out.println("a / 2.0 = " + a / 2.0);
        System.out.println("b / 2.0 = " + b / 2.0);
    }
}
Variabel, Konstanta, dan Ekspresi dalam Program JAVA

Memasukkan nilai untuk variabel dari keyboard
import java.util.Scanner;

public class Lingkaran {
    public static void main(String[] args) {
        System.out.print("Masukkan nilai jari-jari lingkaran: ");
        Scanner kbd = new Scanner(System.in);
        double radius = kbd.nextDouble();
        kbd.close();

        double luas = 3.14 * radius * radius;
        double keliling = 2 * 3.14 * radius;

        System.out.println("Luas lingkaran = " + luas);
        System.out.println("Keliling = " + keliling);
    }
}
Variabel, Konstanta, dan Ekspresi dalam Program JAVA


Terima kasih sudah membaca semoga apa yang kita baca hari ini bisa bermanfaat bagi kita semua, sebelum meninggalkan blogger joeshapictures sebaiknya di share dulu, apa yang kita dapat hari ini ada baiknya jika kita membagikan pengetahuan kepada orang lain. Sampai jumpa di artikel selanjutnya . . .

Pengertian JavaScript di Dalam Algoritma dan Pemrograman

Hello good millennial, jumpa lagi di blogger joeshapictures tema hari ini adalah tentang "Pengertian JavaScript di Dalam Algoritma dan Pemrograman" penasaran, yuk kita baca !

JavaScript merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape. JavaScript digolongkan sebagai bahasa scripting sisi klien (client side scripting) artinya bahwa script JavaScript tersebut akan dieksekusi atau dijalankan pada komputer kita sendiri saat kita membuka suatu halaman web yang berisi script JavaScript. Dengan JavaScript kita dapat dengan mudah membuat halaman web yang interaktif. 

Menjalankan JavaScript

Apa yang diperlukan untuk menjalankan script yang ditulis dengan JavaScript? Kita perlu JavaScript-enabled browser  yaitu browser yang mampu  menjalankan  JavaScript, misalnya:  Netscape  Navigator (versi 2.0 ke atas ) atau Microsoft Internet Explorer (MSIE - versi 3.0 ke atas). Mengingat kedua browser di atas telah banyak beredar dan digunakan,  pemilihan  JavaScript  sebagai  untuk  meningkatkan kemampuan halaman web menjadi sangat baik. Untuk menggunakan JavaScript kita harus telah mengenal baik HTML. 

Pengertian JavaScript di Dalam Algoritma dan Pemrograman

Untuk melihat hasilnya simpan file di atas sebagai file HTML normal dan buka dari JavaScript-enabled browser. Hasilnya akan terlihat seperti berikut ini: 
(jika  kita  menggunakan  JavaScript-enabled  browser  akan  terlihat  3 baris): 

Pengertian JavaScript di Dalam Algoritma dan Pemrograman


PERHATIKAN PENULISAN JAVA SCRIPT

<!DOCTYPE html 
     PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.0 Transitional//EN" 
     "http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd"> 
<html xmlns="http://www.w3.org/1999/xhtml" xml:lang="en" lang="en"> 

<head> 
  <title>Demo Kotak Dialog</title> 
</head> 

<body> 
 <script language="JavaScript" type="text/javascript"> 
<!-- 
alert('OK, JavaScript Enabled'); 
//--> 
</script> 

Refresh (F5) untuk melihat pesan JavaScript 
</body> 
</html> 

Hasilnya sebagai berikut:

Pengertian JavaScript di Dalam Algoritma dan Pemrograman

Non-JavaScript browser

Apa yang akan terjadi jika kita menggunakan browser yang tidak mengerti  JavaScript?  Non-JavaScript  browser tidak  mengenal  tag <script>. Dia akan mengabaikan tag itu dan mengeluarkan seluruh kode selayaknya text biasa . 

<html> 
<body> 
<br> 
Ini halaman HTML normal. 
<br> 
<script language="JavaScript"> 
<!--
    document.write("Yang ini akibat JavaScript!")
 //-->
  </script> 
<br> 
Ini HTML lagi. 
</body> 
</html>

PERHATIKAN TANDA  <!--……..//> DIDALAM HTML DISEBUT DENGAN KOMENTAR.
DI DALAM JAVA SCRIPT PENGGUNAAN TANDA TSB DIMAKSUDKAN AGAR KETIKA WEB BROWSER  TIDAK SUPPORT DENGAN JAVA SCRIPT ,MAKA SCRIPT JAVA TIDAK AKAN DIMUNCULKAN DI WEB BROWSER KARENA DIANGGAP TULISAN BIASA.

Pengertian JavaScript di Dalam Algoritma dan Pemrograman

Event

Event dan event handler merupakan hal yang sangat penting dalam pemrograman JavaScript. Event adalah sesuatu yang terjadi karena aksi user. Contohnya jika user men-click tombol mouse terjadilah event  Click.  Jika  mousepointer  bergerak  melewati  sebuah  link terjadilah event MouseOver. 

Pengertian JavaScript di Dalam Algoritma dan Pemrograman

Fungsi alert() berfungsi untuk menampilkan window popup. Di dalam tanda kurung kita tentukan string yang akan muncul pada window  yang  dimaksud.  Jadi  script  kita  di  atas  menampilkan window dengan tulisan 'Ya' saat user men-click tombol. 

Satu  hal  yang  mungkin  membingungkan:  pada  perintah document.write()  kita  menggunakan  double  quotes  (")  dan  pada alert() kita menggunakan juga single quotes  ('), mengapa?

 Jika  kita  tulis onClick="alert("Ya")" maka  komputer  akan  bingung  mana  yang menjadi bagian event-handler onClick dan mana yang bukan.

Urutan penggunaannya tidak menjadi masalah. Jadi bisa juga kita tuliskan onClick='alert("Ya")'.

Contoh-contoh Penanganan Event 

a. Onclick 
Pada contoh dibawah kita membuat tombol, yang kalau diklik akan muncul window alert: 

<script> 
function inform(){ 
    alert("Hai anda mengklik saya") 
</script> 

<form> 
<input type="button" name="test" value="Click me" onclick="inform()"> 
</form>

b. Onload
Event onload akan dieksekusi jika suatu objek telah diload, pada contoh berikut kita menaruh event onload di tag <body>, artinya jika halaman web sudah diload semua, maka dieksekusi kode javascript 

<html> 
<head><title>Body onload example</title> 
</head> 
<body onload="alert('Halaman ini telah selesai di loading')"> 
Welcome to my page 
</body> 
</html>

c. Onmouseover dan Onmouseout
Onmouseover berguna untuk mendeteksi apakah pointer mouse berada di atas suatu objek HTML, onmouseout berguna untuk mendeteksi apakah pointer mouse keluar dari objek HTML, 
contoh: 

<html> 
<body> 
<table> 
<tr onmouseover="this.bgColor='lightblue'" 
onmouseout="this.bgColor='#efefef'" bgcolor="#efefef"> 
<td>Baris pertama</td> 
</tr> 
<tr> 
<td>Baris kedua</td> 
</tr> 
</body> 
</html> 

d. Onunload
Biasanya berguna untuk mendeteksi jika user meninggalkan atau menutup suatu halaman web 

<html> 
<body onunload="alert('Thank you. Please come back to this site and visit us 
soon, ok?')"> 
<h1>Welcome</h1> 
</body> 
</html> 

Javacsript Timer

Pada javascript terdapat fungsi timer, yaitu seTimeout(), yang berfungsi untuk mengatur timer  untuk mengeksekusi suatu fungsi atau kode tertentu. Sintaks: 

setTimeout("expression", delaytime) 

expression bisa berupa kode javascript atau suatu fungsi 
delaytime, adalah setiap berapa milidetik suatu expression dieksekusi 

Contoh:

 <html> 
<body> 
<input type="text" id="timer" size="12"> 
<input type="button" value="Start" onClick="count()"> 

<script type="text/javascript"> 
var c=0 
document.getElementById("timer").value = "" 
function count(){ 
    document.getElementById("timer").value=c 
    c=c+1 
    setTimeout("count()",1000) 
</script> 
</body> 
</html> 


Terima kasih sudah membaca semoga apa yang kita baca hari ini bisa bermanfaat bagi kita semua, sebelum meninggalkan blogger joeshapictures sebaiknya di share dulu, apa yang kita dapat hari ini ada baiknya jika kita membagikan pengetahuan kepada orang lain. Sampai jumpa di artikel selanjutnya . . .

Pernyataan, Komentar dan PBO dalam JAVA

Pernyataan, Komentar dan PBO

Pernyataan, Komentar dan PBO dalam JAVA
Pernyataan, Komputer dan PBO

Hello good millennial, jumpa lagi di blogger joeshapictures tema hari ini adalah tentang "Pernyataan, Komentar dan PBO dalam JAVA" penasaran, yuk kita baca !

Pernyataan

> Perintah yg digunakan utk membuat komputer melakukan suatu tindakan.
System.out.println(“Saya pasti bisa!”);

Hasilnya:
Saya pasti bisa!

Kerangka program Java

public class Percobaan 
{
public static void main(String[] args) {
System.out.println(“Saya pasti bisa!”);}
}

Komentar

> Untuk membuat kode lebih dimengerti oleh orang yang membaca kode tersebut

public class Komentar {
    public static void main(String[] args) {
        // System.out.println("Tulisan ini tak akan terlihat");
        System.out.println("Daku pasti terlihat");
    }
}

public class Komentar2 {
    public static void main(String[] args) {
        System.out.println("OK!"); // Ini komentar
    }
}

public class Komentar3 {
    public static void main(String[] args) {
        /* Ini contoh komentar
            yang panjang
            yang terdiri atas beberapa baris,
            termasuk perintah berikut menjadi bagian dari komentar:

            System.out.println("Tes...tes...123");
        */

        System.out.println("Ini bukan komentar");
    }
}

PBO (Pemrograman Berorientasi Objek)

PBO adalah model pemrograman yg berfokus pada objek. Prinsipnya memadukan data dan kode untuk mengakses data. Suatu objek ada 2 bagian yang dinamakan field / variabel instan dan metode. 

Pernyataan, Komentar dan PBO dalam JAVA

Class

Class ibarat cetakan kue, satu cetakan kue dapat digunakan untuk membuat banyak kue, jadi satu kelas dapat digunakan membuat banyak objek.

public class Anggota {
    public static void main(String[] args) {
        int[] daftarBilangan = new int[10];

        System.out.println("Jumlah elemen: " + daftarBilangan.length);
    }
}

Pernyataan, Komentar dan PBO dalam JAVA


Terima kasih sudah membaca semoga apa yang kita baca hari ini bisa bermanfaat bagi kita semua, sebelum meninggalkan blogger joeshapictures sebaiknya di share dulu, apa yang kita dapat hari ini ada baiknya jika kita membagikan pengetahuan kepada orang lain. Sampai jumpa di artikel selanjutnya . . .

Pengantar Bisnis Manajemen dan Organisasi

MANAJEMEN DAN ORGANISASI

Pengantar Bisnis Manajemen dan Organisasi
Pengantar Bisnis


Hello good millennial, jumpa lagi di blogger joeshapictures tema hari ini adalah tentang "Pengantar Bisnis Manajemen dan Organisasi" penasaran, yuk kita baca !

Secara umum pengertian manajemen adalah pengelolaan suatu pekerjaan untuk memperoleh hasil dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan dengan cara menggerakkan orang-orang lain untuk bekerja. Menurut George R. Terry (1977) menyatakan manajeman adalah suatu proses yang berbeda terdiri dari planning, organizing, actuating,dan controlling yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang ditentukan dengan menggun manusia dan su,ber daya lainnya.

Berikut ini adalah Peranan Manajemen yang harus diperankan para Manajer :

1. Peran Interpersonal yaitu hubungan antara manajer dengan orang yang ada di sekelilingnya, meliputi ; 
  • Figurehead / Pemimpin Simbol : Sebagai simbol dalam acara-acara perusahaan. 
  • Leader / Pemimpin : Menjadi pemimpin yag memberi motivasi para karyawan / bawahan serta mengatasi permasalahan yang muncul. 
  • Liaison / Penghubung : Menjadi penghubung dengan pihak internal maupun eksternal. 

2. Peran Informasi adalah peran dalam mengatur informasi yang dimiliki baik yang berasal dari dalam maupun luar organisasi, meliputi ; 
  • Monitor / Pemantau : Mengawasi, memantau, mengikuti, mengumpulkan dan merekam kejadian atau peristiwa yang terjadi baik didapat secara langsung maupun tidak langsung. 
  • Disseminator / Penyebar : Menyebar informasi yang didapat kepada para orang-orang dalam organisasi. 
  • Spokeperson / Juru Bicara : Mewakili unit yang dipimpinnya kepada pihak luar. 

3. Peran Pengambil Keputusan adalah peran dalam membuat keputusan baik yang ditentukan sendiri maupun yang dihasilkan bersama pihak lain, meliputi ; 
  • Entrepreneur / Kewirausahaan : Membuat ide dan kreasi yang kreatif dan inovatif untuk meningkatkan kinerja unit kerja. 
  • Disturbance Handler / Penyelesai Permasalahan : Mencari jalan keluar dan solusi terbaik dari setiap persoalan yang timbul. 
  • Resource Allicator / Pengalokasi Sumber Daya : Menentukan siapa yang menerima sumber daya serta besar sumber dayanya. 
  • Negotiator / Negosiator : Melakukan negosiasi dengan pihak dalam dan luar untuk kepentingan unit kerja atau perusahaan. 


LATAR BELAKANG SEJARAH MANAJEMEN

1. Manajemen Kuno Mesir (piramid) and China (Tembok Besar China) Bangsa Venesia (lini perakitan kapal perang)

2. Adam Smith, mempublikasi “The Wealth of Nations” pd tahun 1776 Pendukung konsep pembagian/spesialisasi kerja (division of labor: job specialization) untuk meningkatkan produktivitas pekerja 

3. Revolusi Industri mengganti tenaga manusia dg tenaga mesin Menciptakan organisasi besar berdasarkan kebutuhan manajemen. 

4. Manajemen Ilmiah Fredrick Winslow Taylor “Bapak” manajemen ilmiah Publikasi: Principles of Scientific Management (1911) Teori Manajemen Ilmiah menggunakan metoda ilmiah untuk menentukan “satu cara terbaik” untuk suatu tugas: 
  • Menempatkan orang yg tepat pd pekerjaan tertentu dg perlengkapan dan alat yg tepat. 
  • Memiliki metoda standar untuk melakukan pekerjaan. 
  • Menyediakan insentif ekonomi kpd pekerja. 

5 Prinsip Manajemen Taylor :
  • Mengembangkan sains bagi setiap elemen kerja individu, yang akan mengganti metoda rule-of-thumb yg lama. 
  • Memilih kemudian melatih, mengajar, dan mengembangkan pekerja secara ilmiah 
  • Bekerjasama secara tulus dg pekerja demi menjamin semua pekerjaan yg dilakukan sesuai dg prinsip-prinsip ilmiah yg telah dikembangkan. 
  • Membagi kerja dan tanggungjawab secara sama antara manajemen dan pekerja. 
  • Manajemen mengambil alih seluruh pekerjaan pada saat hal itu lebih layak dilakukan ketimbang para pekerja. 

Teori Administrasi Umum (Henri Fayol)

Percaya bahwa praktik manajemen beda dari fungsi-fungsi organisasi (seperti: produksi, SDM, pemasaran, atau fungsi lainnya) Mengembangkan prinsip-prinsip (14 prinsip organisasi) manajemen yg dapat diaplikasikan di segala situasi organisasi. 14 Prinsip Manajemen ala Fayol : 
  • Pembagian kerja 
  • Kewenangan 
  • Disiplin 
  • Kesatuan komando 
  • Kesatuan arah 
  • Mengutamakan kepentingan organisasi daripada kepentingan individu. 
  • Remunerasi 
  • Sentralisasi 
  • Rantai Skalar 
  • Tatanan 
  • Kesamaan 
  • Stabilitas personalia 
  • Initiatif 
  • Semangat kebersamaan. 

Max Weber mengembangkan teori kewenangan (authority) berdasarkan pd tipe ideal organisasi (bureaucracy) menekankan pd aspek kemampuan rasionalitas, prediksi, non-personal (impersonality), kompetensi teknis, dan otoriter 

FUNGSI MANAJEMEN

1. Fungsi perencanaan (planning) 
2. Fungsi pengorganisasian (organizing) termasuk di dalamnya ada Fungsi Staffing (pembentukan staf). 
3. Fungsi pengarahan (directing) 
4. Fungsi pengendalian (controlling). 

Di bawah ini akan dijelaskan arti definisi atau pengertian masing-masing fungsi manajemen – PODC (Planning, Organizing, Directing, Cotrolling) :

1. Fungsi Perencanaan / PlanningFungsi perencanaan adalah suatu kegiatan membuat tujuan perusahaan dan diikuti dengan membuat berbagai rencana untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan tersebut.

2. Fungsi Pengorganisasian / OrganizingFungsi perngorganisasian adalah suatu kegiatan pengaturan pada sumber daya manusia dan sumberdaya fisik lain yang dimiliki perusahaan untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan serta menggapai tujuan perusahaan. 

3. Fungsi Pengarahan / Directing / LeadingFungsi pengarahan adalah suatu fungsi kepemimpinan manajer untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja secara maksimal serta menciptakan lingkungan kerja yang sehat, dinamis, dan lain sebagainya. 

4. Fungsi Pengendalian / ControlingFungsi pengendalian adalah suatu aktivitas menilai kinerja berdasarkan standar yang telah dibuat untuk kemudian dibuat perubahan atau perbaikan jika diperlukan.

PROSES MANAJEMEN

Adalah daur beberapa gugusan kegiatan dasar yang berhubungan secara integral, yang dilaksanakan di dalam manajemen secara umum, yaitu proses perencanaan, proses pengorganisasian, proses pelaksanaan dan proses pengendalian, dalam rangka mencapai sesuatu tujuan secara ekonomis. Sesungguhnya keempat proses itu merupakan hasil ikhtisar dari pelbagai pendapat praktisi dan ahli mengenai manajemen.

Aneka Gagasan antara lain:
  • Menurut Henri Fayol : "perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, koordinasi". 
  • Menurut Gulick dan Urwick: "Perencanaan, pengorganisasian, staffing, pengarahan, koordinasi, pelaporan dan peranggaran". 
  • Menurut William M. Fox: "Perencanaan, pengorganisasian, pengendalian". 
  • Menurut Ernest Dale: "Perencanaan, pengorganisasian, staffing, pengarahan, pengendalian, inovasi, representasi". 
  • Menurut Koontz dan O'Donnell: "perencanaan, pengorganisasian, staffing, pengarahan, pengendalian".

Ciri-ciri manajemen professional

Edgar H. Schein dan Borje O. Saxbreg dalam Stoner James A.F. dan Charles Wankel,1988 merumuskan cirri-ciri manajer professional : 
  • Orang-orang yang professional mendasarkan keputusannya pada prinsip-prinsip umum, sehingga banyaknya kursus dan program latihan manajemen menunjukkan bahwa prinsip-prinsip manajemen dapat dipercaya dan digunakan sebagai patokan khusus. 
  • Orang-orang professional mencapai setatus profesionalnya melalui prestasi bukan melalui favoritism, atau factor lain yang tidak berhubungan dengan pekerjaan. 
  • Orang-orang professional harus tunduk pada kode etik yang melindungi kliennya. 
  • Borje O. Saxbreg manyatakan karakteristik keempat adalah profesionalismeyaitun pengabdian dan ketertarikan sehingga dalam setiap bidang orang-orang professional menggabungkan hidup dan pekerjaanya melalui pengabdian dan keterikatan pribadinya. 


PENGERTIAN ORGANISASI

Definisi Organisasi Menurut Boone dan Katz organisasi adalah : Suatu proses tersusun yang orang-orangnya berinteraksi untuk mencapai tujuan. 
Dari definisi dapat disimpulkan bahwa organisasi mencakup 3 elemen pokok : 
a. Interaksi manusia 
b. Kegiatan yang mengarah pada tujuan 
c. Struktur organisasi itu sendiri 

PENTINGNYA MENGENAL ORGANISASI 

Kita selalu berkaitan dengan organisasi, tim olah raga dan organisasi sosial, kelompok keagaamaan, bahkan kelompok binatang pun ada, seperti lebah, semut, rayap. 
Perusahaan kecil, fungsi pengorganisasian sederhana, misal : toko kelontong, manajer-pemilik toko mempekerjakan beberapa orang ; melayani pembeli, membersihkan, mengatur barang, serta menjaga toko. 

BENTUK-BENTUK ORGANISASI

1. Organisasi Lini 
Garis wewenang yang menghubungkan langsung secara vertical antara atasan dan bawahan 

Ciri-cirinya : 
  • Jumlah karyawan sedikit 
  • Manajer dibawahnya hanya sebagai pelaksana 
  • Sarana dan alatnya terbatas 
  • Hubungan atasan dan bawahan bersifat langsung 
  • Bentuk lini pada perusahaan perseorangan, pemilik perusahaan adalah top manager 

2. Organisasi Fungsional 
Wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada kepala bagian yang mempunyai jabatan fungsional untuk dikerjakan para pelaksana yang mempunyai keahlian khusus 

Ciri-cirinya : 
  • Organisasi kecil
  • Terdapat kelompok kerja staf ahli 
  • Spesialisasi dalam pelaksanaan tugas 
  • Target yang hendak dicapai jelas dan pasti 
  • Pengawasan ketat 

3. Organisasi Garis dan Staff
Pelimpahan wewenang secara vertikal dari pimpinan ke kepala bagian dibawahnya serta masing-masing pejabat, manajer ditempatkan satu atau pejabat staff yang tidak mempunyai wewenang memerintah tetapi hanya sebagai penasihat, misal : kearsipan, keuangan, personel 

Ciri-cirinya : 
-Hubungan atasan dan bawahan tidak seluruhnya langsung 
-Karyawan banyak 
-Organisasi besar 
-Ada 2 kelompok kerja organisasi sehingga ditekankan adanya spesialisasi : 
  • Personel Lini 
  • Personel Staff 

4. Organisasi Fungsional dan Garis 
Wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada kepala bagian dibawahnya yang mempunyai keahlian tertentu serta sebagian dilimpahkan kepada pejabat fungsional yang koordinasinya tetap diserahkan kepada kepala bagian. 

Ciri-cirinya : 
  • Tidak tampak pembedaan tugas pokok dan bantuan 
  • Spesialisasi praktis pada pejabat fungsional 
  • Pembagian kerja dan pelimpahan wewenang tidak membedakan perbedaan tingkat eselon 

5. Organisasi Matrik 
Disebut juga sebagai Organisasi Manajemen Proyek yaitu penggunaan struktur organisasi menunjukkan di mana para spesialis yang punya ketrampilan di masing-masing bagian dari kegiatan perusahaan dikumpulkan lagi menjadi satu untuk mengerjakan proyek yang harus diselesaikan. 

6. Organisasi Komite
Tugas kepemimpinan dan tugas tertentu dilaksanakan secara kolektif oleh kelompok pejabat, yang berupa komite atau dewan atau board dengan plurastic manajemen. 
Terdiri dari : 
  • Executive Committe (Pimpinan Komite) Anggotanya mempunyai wewenang lini 
  • Staff Committee Orang-orang yang hanya mempunyai wewenang staf.

Terima kasih sudah membaca semoga apa yang kita baca hari ini bisa bermanfaat bagi kita semua, sebelum meninggalkan blogger joeshapictures sebaiknya di share dulu, apa yang kita dapat hari ini ada baiknya jika kita membagikan pengetahuan kepada orang lain. Sampai jumpa di artikel selanjutnya . . .