TEKNOLOGI INFORMASI (TI) dan SISTEM INFORMASI (SI) |
Hello good millennial, jumpa lagi di blogger joeshapictures tema hari ini adalah tentang "Materi Kuliah Sistem Informasi Manajemen | Akademi Komunitas Negeri (POLTEK) Bojonegoro" penasaran, yuk kita baca !
Konsep dan Pengembangan Sistem Informasi Manajemen
- Teknologi Informasi Adalah Bentuk teknologi untuk menangani informasi yang di inginkan.
- Sistem Informasi Adalah Integrasi komponen pemrosesan , penyimpanan dan diseminasi informasi dalam suatu organisasi.
- Sistem Informasi Adalah Studi interdisiplin suatu sistem untuk menyediakan informasi pada suatu organisasi.
Data dan Informasi
Data adalah Aliran fakta dasar.
Informasi adalah Interpretasi data yang disajikan dengan cara yang berarti.
Informatika adalah Studi tetantang informasi, sistem informasi dan teknologi informasi.
Contoh Teknologi Informasi (TI) dan Sistem Informasi (SI)
Contoh Teknologi Informasi (TI)
-Perangkat Keras ( PC, UNIX server, Router)
-Perangkat Lunak (e-mail, Internet, Windows, Word Processing)
-Consumer devices (Mobile phone, Token)
Contoh Sistem Informasi (SI)
-File systems, databases, e-mail servers / clients.
-e-Commerce.
-SAP (ERP).
Sistem Informasi Manajemen
Study sistem informasi dengan fokus pada penggunaan informasi untuk manejemen dan bisnis. Pendekatan : Teknis, Lingkungan, Sociotechnical
Pentingnya Sistem Informasi
Untuk mempertahankan dan mengembangakan suatu organisasi, memerlukan : Lokasi yang beragam (perlu networking, Internet), Produk dan layanan baru, Meningkatnya pekerjaan dan alur kerja : ( Efisiensi, Biaya, Etika dan isu sosial )
Sistem Informasi Organisasi |
Sistem Informasi pada Level Organisai
Level Operasional
-Aktifitas dasar dan transaksi rutin
-Akurasi dan terkinian data
Level Pengetahuan (Knowledge)
-Mendukung pengetahuan dan data pekerjaan
-Mengintegrasikan pengetahuan baru kedalam bisnis
-Otomasi perkantoran
Level Menejemen
-Pengawasan sec Periodik, pengambilan keputusan dan administrasi
-Mengetahui apakah kegiatan bisnis bekerja dengan baik
Level Strategis
-Perencanaan strategis jangka panjang (misalnya 5 tahun)
-Informasi internet dan eksternal
Contoh :
- Level Operasional contohnya adalah Pembuatan KTP online, pelaporan pajak, perizinan, absensi, penggajian,
- Level Pengetahuan contohnya adalah Sistem perkantoran, persiapan dan manajemen dakumen kerja,
- Level Menejemen contohnya adalah pengambilan keputusan yang tidak rutin (terkait dengan pertanyaan "bagaimana jika"). Memperoleh data dari sumber internal dan ekternal,
- Level Strategis contohnya adalah pengembangan produk layanan untuk 5 tahun ke depan, kebutuhan karyawan di 5 tahun mendatang.
Tipe Sistem Informasi
Klasifikasi Sistem Informasi sec. Vertikal (Bottom-up) :
-Sistem Pemrosesan Transaksi (SPT)
-Sistem Pengetahuan dalam Pekerjaan (SPP)
-Sistem Otomasi Perkantoran (SOP)
-Sistem penunjang Keputusan (SPK)
-Sistem penunjang Eksekutif (SPE)
Contoh Fungsionalitas Sistem Informasi :
-Penjualan dan Pemasaran
-Manufacturing dan produksi
-keuangan dan akuntasi
-kepegawaian
-Kesehatan
-Kewilayahan
-Kependudukan
Proses Bisnis
Proses Bisnis adalah aktifitas pada area fungsi utama bisnis yang digunakan untuk mencapai tujuan bisnis, Contohnya:
-Penjualan dan Pemasaran
Identifikasi pelanggan, penjualan produk
-Manufacturing dan produksi
Assembling produk, pengedekan kualitas
-Keuangan dan Akuntansi
Pembayaran
-Kepegawaian
Rekrutmen, training, mutasi, cuti.
Customer Relationship Management (CRM)
Koordinasi semua proses bisnis yang terkait dengan pelanggan (customer)
Pelanggan merupakan aset jangka panjang : sumber pendapatan,hubungan baik dengan pelanggan memberikan pendapatan jangka panjang yang lebih baik. Contoh: SAP, Goldmine, Avaya
Supply Chain Management (SCM)
Koordinasi semua bisnis proses yang terkait dengan proses pembelian, pembuatan dan pemindahan produk. Integrasi penyuplai dan distributor dalam suatu proses tunggal : Dapat mengurangi waktu dan usaha serta biaya inventori, Products on demand: Suppliers dapat mengirim produk langsung ke pelanggan. Contoh: SAP, CSC, PeopleSoft
Enterprise System (ES)
Sistem Informasi pada organisasi yang mengintegrasikan kunci proses bisnis untuk memfasilitasi aliran informasi, dikenal juga sebagai sistem enterprise resource planning (ERP).
Mengintegrasikan enam tipe sistem informasi: meningkatkan ketersediaan informasi dan meningkatkan duplikasi dan kesalahan yang terkait, Meningkatkan efisiensi dan pengurangan biaya.
Contoh:
- CRM dan SCM
- Menjalankan bagaimana proses bisnis dapat dijalankan dengan baik oleh sesuatu Sistem Informasi terintegrasi
- Melibatkan hubungan ke organisasi eksternal melalui suatu jaringan
SEKILAS TENTANG ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
Enterprise Resource Planning (ERP)
Menyediakan informasi tunggal untuk satu kesatuan koordinasi organisasi dari proses kunci bisnis di suatu perusahaan. Tersedianya data yang lengkap dan terintegrasi antara unit fabrikasi, akuntansi, SDM, penjualan dan keuangan memudahkan manajemen perusahaan untuk melakukan perencanaan terhadap semua sumber daya dengan cepat dan akurat.
Modul-modul yang terdapat pada Sistem Informasi Enterprise Resource Planning antara lain :
Modul Operasi
-General Logistics
-Sales and Distribution
-Materials Management
-Logistics Execution
-Quality Management
-Plant Maintenance
-Customer Service
-Production Planning and Control / Supply Chain Management (SCM)
-Project System
-Environment Management
Modul Finansial dan Akutansi
-General Accounting
-Financial Accounting
-Controlling
-Invesment Management
-Treasury
-Enterprise Controlling
Modul Sumber Daya Manusia
-Personnel Management
-Personnel Time Management
-Payroll
-Training and Event Management
-Organizational Management
-Travel Management
Keunggulan Sistem Informasi Enterprise Resource Planning antara lain :
- Integrasi data keuangan sehingga top manajemen bisa melihat dan mengontrok kinerja keuangan perusahaan dengan lebih baik.
- Standarisasi proses operasi sehingga terjadi peningkatan produktivitas, penurunan inefisiensi dan peningkatan kualitas produk.
- Standarisasi data dan informasi, yaitu menstandartkan data dan informasi melalui keseragaman pelaporan, terutama untuk perusahaan besar yang biasanya terdiri dari banyak bussines unit dengan jumah dan jenis bisnis yang berbeda-beda.
- Penurunan Inventory
- Penurunan tenaga kerja secara total
- Peningkatan service level
- Peningkatan kontrol keuangan
- Penurunan waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan informasi.
- Back Up data secara manual maupun otomatis
Nilai Bisnis Sistem Informasi
Nilai Berdasarkan biaya dan keuntungan:
Modal : awal dan periodik (Peralatan, pesonal dan training)
Pengurangan biaya : Pengurangan jumlah staff
Keuntungan Intangible : Peningkatan di bisnis
Realisasi Nilai
Penilainan implementasi Sistem Informasi
-Model financial dan non-financial
-keuntungan yang tangible dan intangible
Keuntungan dapat berlangsung ke pelanggan. Pengurungan biaya sehingga penurunan harga untuk meningkatkan daya saing Keuntungan mungkin tidak dapat direalisasikan apabila sistem informasi terimplemensi dengan sangat lemah.
Contoh Biaya : Hardware atau Software (Pembelian, Perawatan), Layanan (Konsultan, Training), Personal (Kontrak, Training, Gaji atau tunjangan)
Contoh Keuntungan Tangible
- Peningkatan produktivitas
- Penurunan biaya operasi
- Pengurangan tekanan pekerjaan
- Penurunan biaya computer
- Penurunan biaya supplier
- Penurunan biaya pegawai
- Mengurangi pertumbunan pengeluaran
- Pengurangan biaya fasilitas
Contoh Keuntungan Intangible
- Peningkatan pengunaan asset; pengendalian sumber daya, perencanaan
- Meningkatkan fleksibilitas
- Meningkatkan pembelajaran
- Pencapaian kebutuhan legal
- Peningkatan kontribusi pegawai, kepuasan pekerjaan, pengambilan keputusan dan operasional
- Kepuasan pelanggan
- Citra yang lebih baik
Arsitektur Sistem Informasi |
Arsitektur Teknologi Informasi |
Sistem Penunjang Keputusan (Decision Support System) Sistem pada level menejemen yang melakukan: Kombinasi data, Tool analisis, Model. Menunjang pengambilan keputusan yang bersifat semi-structured dan tidak terstruktur
Sistem Informasi Manajemen dan Sistem Penunjang Keputusan
Sistem Informasi Manajemen:
-Laporan Rutin (periodik)
-Membantu dalam pengendalian suatu organisasi
Sistem Penunjang Keputusan:
-Tidak rutin
-Menunjang respon sec fleksibel dan cepat
-Data bersifat semi-structured atau tidak terstruktur
Komponen Sistem Penunjang Keputusan |
Contoh Sistem Penunjang Keputusan
Supply Chain Management
-siap, apa, kapan, dan dimana
-Pembelian, Manufacture dan distribusi
Customer Relationship Management
-Harga
-Retensi Pelanggan
-Aliran pendapatan daerah yang baru
Skenario Bisnis
-Analisis Sensitifitas paramenter bisnis
-Analisis Biaya / Keuntungan (Cost/benefit analysis)
Geographic Information Systems (GIS)
-Menampilkan informasi geografik
-Demografi, penduduk, kejahatan, potensi wilayah
Data Mining
Cara mendapatkan informasi tersembunyi dengan teknik modern, mengunakan: Analisis Statistik, Neural nerworks, Fuzzy logic, Genetic Algorithms, Rele-based systems.
- Asosiasi adalh jumlah hubungan pada suatu kejadian, contoh: Pembelian Supermarket, Analisi tingkat pendapatan penduduk terhadap pendapatan daerah.
- Sequences adalah kejadian sepanjang waktu, contoh: Pembelian rumah, Pemantauan penyakit terbesar, Pendapatan daerah per tahun.
- Klasifikasi adalah penklasifikasian item, contoh: Tingkat usai penduduk, Jenis peruahaan / industri, Operator mobile phone, Pengelompokkan 10 jenis penyakit terbesar.
- Clustering adalah pembentukan cluster pada berdasarkan kelompok, contoh: Detail penduduk, Partisi data kedalam kelompok demografi ataupun tingkat pendapatan.
- Peramalan adalah menggunakan data yang ada untuk meramal nilai kedepan, contoh: Meramalkan tingkat pendapatan penduduk 5 tahun kedepan.
Sistem Penujang Eksekutif
- Sistem informasi level strategis untuk menunjang pengambilan keputusan yang tidak terstruktur
- Dirancang untuk mudah digunakan
- Sesuai keinginan
- Sumber data internal dan eksternal
Keuntungan Sistem Penujang Eksekutif
Fleksibelitas
-Bukan solusi model yang spesifik
Data terkini dan kuat.
Analisi Trend
-Analisi, Pembandingan dan Highlight
-Dulu dilakukan oleh staf lain
-Mengurangi keraguan
Terima kasih sudah membaca semoga apa yang kita baca hari ini bisa bermanfaat bagi kita semua, sebelum meninggalkan blogger joeshapictures sebaiknya di share dulu, apa yang kita dapat hari ini ada baiknya jika kita membagikan pengetahuan kepada orang lain. Sampai jumpa di artikel selanjutnya . . .
Terima kasih sudah membaca semoga apa yang kita baca hari ini bisa bermanfaat bagi kita semua, sebelum meninggalkan blogger joeshapictures sebaiknya di share dulu, apa yang kita dapat hari ini ada baiknya jika kita membagikan pengetahuan kepada orang lain. Sampai jumpa di artikel selanjutnya . . .
Penjelasan materi lainnya bisa di download dibawah:
(Download) Modul 1 - Perspektif dan Prospektif Sistem Informasi.
(Download) Modul 2 - Informasi dalam Manajemen Perusahaan.
(Download) Modul 3 - Database Dalam Pembangunan Sistem Informasi.
(Download) Modul 4 - Database Management System (DBMS).
(Download) Modul 5 - Konsep Perancangan Database.
(Download) Modul 6 - Aplikasi Sistem Informasi.
(Download) Modul 7 - Pembangunan Sistem Informasi.