Tuesday, September 12, 2017

Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis

Teoritis dan Praktis

Hello good millennial, jumpa lagi di blogger joeshapictures tema hari ini adalah tentang "Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis" penasaran, apa itu Teoritis dan Praktis? mari kita pelajari bersama..!

Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis
Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis


Ilmu Pendidikan

Pendidikan adalah pengalaman belajar, sehingga pendidikan dapat pula didefinisikan sebagai keseluruhan pengalaman belajar setiap orang sepaanjang hidupnya. Pendidikan berlangsung tidak dalam batas usia tertentu, tetapi berlangsung sejak manusia itu lahir sampai mati. Adapun pendidikan adalah konsep mendidik yang diwujudkan dalam bentuk perubahan atau cara mendidik yang dilakukan oleh manusia pada umumnya.

Ilmu pendidikan adalah termasuk ilmu pengetahuan empiris yang diangkat dari pengalaman pendidikan, kemudian disusun secara teoritis untuk digunakan secara praktis. 

Sehingga pendidik bertugas menanamkan sistem-sistem norma tigkah laku manusia yang dibanggakan, dihormati dan dijunjung tinggi oleh masyarakat. Pada intinya ilmu teoritis ini menerapkan norma dan agama dalam kehidupan bersosial.

Pendidikan Teoristis

Pendidikan teoristis yaitu terdiri atas kajian-kajian pendidikan ditinjau dari nilai-nilai dan prinsip agama, filsafat, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, dan humaniora. Pendidikan teoristis ini mengkaji tentang bidan keilmuannya secara luas (profesional) sampai hal-hal yang sekecil-kecilnya (atomistik). Dalam ilmu mendidik teoritis para cerdik pandai mengatur dan mensistemkan didalam pemikiran masalah yang tersusun sebagai pola pemikiran masalah yang tersusun sebagai pola pemikiran pendidikan.

Manfaat Ilmu Teoritis

Penelitian ini bertitik tolak dengan meragukan suatu teori tertentu. Adanya keraguan terhadap teori itu muncul apabila yang terlibat tidak dapat lagi menjelaskan kejadian-kejadian aktual yang tengah dihadapi. Dilakukannya pengujian atas teori tersebut bisa melalui penelitian secara empiris serta hasilnya dapat menolak ataupun menukuhkan serta merevisi teori yang berhubungan. Pada intinya ilmu teoris dilaksanakan berdasarkan teori yang sudan ada untuk mempermudah jalannya pendidikan.

Pendidikan Praktis

Pendidikan ini mencakup ilmu pengetahuan normative dan finalistic.
  • Ilmu pengetahuan normative berkaitan dengan kajian norma-norma sebagai standar yang digunakan dalam pendidikan,
  • Ilmu pengetahuan finalistik mengkaji hasil akhir pendidikan dalam bentuk keluaran (output) maupun pengaruh (outcome) bagi peserta didik dalam lingkungannya

Dalam ilmu pendidikan praktik termasuk pula pendidikan terapan. Ilmu pendidikan terapan mengkaji aplikasi ilmu penddikan untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Dari penjelajsan diatas dapat disimpulkan bahwa pendidikan sebagai ilmu praktis adalah suatu praktek pendidikan untuk mendapatkan kemudahan dan kenyamanan dalam mencari pengetahuan.

Manfaat Pendidikan Praktis

Sebagai masukkan yang membangun guna meningkatkan kualitas lembaga penddikan yang ada, termasuk para pendidik yang ada di dalamnya, dan penentu kebijakan dalam lembaga pendidikan, serta pemerintah secara umum.

Dapat menjadi pertimbanganuntuk diterapkan dalam dunia pendidikan pada lembaga – lembaga pendidikan yang ada di indonesia sebagai solusi terhadap permasalahan pendidikan yang ada.

Terima kasih sudah membaca semoga apa yang kita baca hari ini bisa bermanfaat bagi kita semua, sebelum meninggalkan blogger joeshapictures sebaiknya di share dulu, apa yang kita dapat hari ini ada baiknya jika kita membagikan pengetahuan kepada orang lain. Sampai jumpa di artikel selanjutnya . . .

0 komentar: