Wednesday, September 6, 2017

Makalah Perulangan (LOPING) di Java


Makalah Perulangan (LOPING) di Java
Makalah Perulangan (Looping) di java

Hello good millennial, jumpa lagi di blogger joeshapictures tema hari ini adalah tentang "Makalah Perulangan (LOPING) di Java" penasaran, yuk kita baca !

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah menciptakan alam jagat dengan segala kesempurnaannya. Tidak lupa pula salam serta shalawat saya kirimkan kepada nabi Muhammad karena beliaulah yang telah mengantarkan kita dari zaman jahiliyah menuju zaman islamiyah. Penyusunan makalah yang berjudul “PERULANGN (LOOPING) DI JAVA” ini bertujuan untuk memenuhi tugas dari dosen pembimbing mata kuliah Algoritma dan Pemrograman dan juga sebagai acuan untuk metode pembelajaran.

Dalam penulisan makalah ini, saya mendapatkan suatu pelajaran baik dalam penulisan makalah serta mendapatkan pengetahuan tentang perulangan. Saya  sebagai penulis dalam makalah  ini masih dalam proses belajar baik dalam tata cara penulisan makalah yang baik maupun dalam memahami dengan baik dalam menyajikannya sehingga saya selaku penulis dalam penyusunan makalah ini sangat mengharapkan saran-saran yang membangun sehingga menghasilkan isi makalah yang dapat mendidik serta dapat di pertanggung jawabkan.

Bangkalan,14 November 2016

Penyusun



BAB I
PENDAHULUAN


Latar Belakang

Perulangan dalam bahasa pemrograman adalah melakukan perintah yang ada di dalam blok perulangan tersebut secara berulang – ulang sesuai denan nilai yang diterntukan atau sampai mencapai sebuah batas tertentu.

Pada bahasa pemrograman java kita mengenal dua macam perulangan atau looping yaitu perulangan yang jumlah looping atau perulangannya sudah kita ketahui dengan pasti dan perulangan yang tidak ita ketahui jumlahnya. Makdudnya adalah prulangan yang sudah kita tahu dengan pasti berapa kali kita mau melakukan perulangan. Sedangkan perulangan yang tidak pasti jumlahnya adalah kita tidak tau berapa kali perulangan tersebut akan terus berjalan atau menjalankan loopingnya.
Misalnya dalam perulangan pada java biasanya menggunakan for sedangkan untuk looping atau perulangan yang tidak kita tahu pasti jumlah loopingnya bisa kita gunakan jenis prulangan while,do-while.

Rumusan Masalah

Dari latar belakang diatas, maka dirumuskan rumusan masalah sebagai berikut :
1. Apa pengertian dari perulangan (Looping) di Java.?
2. Apa saja macam-macam perulangan di Java.?
3. Bagaimana contoh program perulangan di Java.?

Tujuan

1. Dapat mengtahui pengertian dari perulangan (Looping) di Java.
2. Dapat memahami macam-macam perulangan di Java.
3. Dapat pengimplementesikan contoh program perulangan di Java.


BAB II
PEMBAHASAN


Pengertian Perulangan (Looping)

Perulangan atau looping adalah suatu program untuk melakukan ulang atau mengulangi. Suatu proses susuai dengan yang diinginkan. Dengan adanya perulangan dalam bahasa pemrograman, pembuat program atau programmer tidak perlu menulis berkali-kali kode program sebenarnya perulangan yang diinginkan. Dan juga perulangan membuat program lebih ringan karena kde yang digunakan diminimalkan.

Perulangan merupakan sebuah kemampuan suatu program untuk melakukan tugas kompleks dilakukan dengan menggabungkan perintah sederhana menjadi strukstur kontrol. Dalam bahasa Java, ada 6 struktur tersebut, yaitu blok. Perulangan while, perulangan do....while, perulangan for, pernyataan if, dan peryataan switch. Dalam membuat sebuah perulangan ada beberapa hal yang harus dipenuhi, yaitu:

Inisialisasi
Inisialisasi adalah tahap dimana kita memberi pengenalan atau memberi nilai pada sebuah inisial ata variabel tertentu yang akan kita gunakan dalam perulangan. Tahap ini dialkukan sebelum memasuki perulangan. Contoh : int i =0;

Proses
Tahap proses terjadi didalam bagian perulangan yang berisi semua proses yang perlu untuk dilakukan sebauah perulangan.

Iterasi 
Iterasi adalah suatu kondisi dimana terdapat sebuah metode agar perulangan dapat terus berjalan. Iterasi terjadi di dalam perulangan.

Terminasi 
Terminasi adalah suatu kondisi yang digunakan untuk menghentikan perulangan. Terminasi sangat dibutuhkan dalam perulangan. Mengapa demikian? Karena jika tidak adanya terminasi maka perulangan akan terus mengulang dan hasilnya akan terjadi infinite-loop yaitu perulangan yang akan berhenti.

Macam-macam Perulangan (Looping)

1. FOR
Perulangan for biasanya digunakan untuk kperulangan yang sudah jelas diketahui, jadi maksudnya sudah jelas diketahui adalah, kita sudah mengetahui batas untuk dilakukannya berapa kali perulangan. Deklarasi penggunaan for adalah sebagai berikut:
For (pernyataan1;pernyataan2;pernyataan3)
{
Statement
}
Note:
Pernyataan1: digunakan untuk memberikan sebuah inisialisasi terhadap variabel pengendali perulangan.
Contohnya : int i =0 atau i =1;
Pernyataan 2: digunakan untuk kondisi untuk keluar dari perulangan
Contohnya :i<10;
Pernyataan 3: digunakan untuk mengatur kenaikan nilai variabel pengendali.
Contohnya : i++;
Jadi contohnya seperti berikut :
For (int i =0;i<10;i++);

2. WHILE
Perulangan while biasanya digunakan pada saat kita tidak megetahuik jumlah perulangan yang akan dilakukan tapi mengetahui konsisi atau syarat dilakukan. Perulangan while merupakan yang berguna untuk terus melakukan proses perulangan selama kondisinya benar (true) dan berhenti apabila salaj (false).
Sintaks perulangan while berbeda dengan for, di dalam kurung hanya ada kondisi, jika dengan for harus ada variabel, kondisi, dan pengubah. Dan pengubah berada didalam perulangan (a++).
Output:

Contoh :
Sintaks perulangan while berbeda dengan for, di dalam kurung hanya ada kondisi, jika dengan for harus ada variabel, kondisi, dan pengubah. Dan pengubah berada didalam perulangan (a++).


BAB III
PENUTUP


Kesimpulan

Dari pembahasan makalah di atas dapat di simpulkan bahwa perulangan (Looping) adalah program yang melakukan perintah yang ada di dalam blok perulangan tersebut secara berulang-ulang sesuai dengan nilai yang ditentukan atau sampai mencapai sebuah batas tertentu. 

Didalam perulangan pada java terdapat tiga macam perulangan yaitu, for, while, dan do_while. Bahwa while bekerja dengan cara true maka perulangan tersbut akan terus dilakukan sampai bernilai false. Do_while hampir mirip seperti while tetapi jika do_while minimal melakukan satu kali pekerjaan yang ada di dalam blok do_while tersebut. Do_while akan mengulang terus sampai while bernilai false. Sedangkan for adalah perulangan yang jumlah perulangannya sudah ditentukan sebelumnya, dengan kata lain perulangan blok dalam for sudah ditentukan sebelumnya.

Saran

Apabila dalam penulisan hasil makalah yang berjudul Perulangan (Looping) ini banyak kesalahan dalam hal penulisan atau dalam hal kurangnya pembahasan, saya selaku penulis mengharapkan saran yang membangun dari dosen pengampu mata kuliah Algoritma dan Pemrograman untuk memperbaiki hasil Makalah ini agar tidak ada kesimpang siuran didalamnya.

Terima kasih sudah membaca semoga apa yang kita baca hari ini bisa bermanfaat bagi kita semua, sebelum meninggalkan blogger joeshapictures sebaiknya di share dulu, apa yang kita dapat hari ini ada baiknya jika kita membagikan pengetahuan kepada orang lain. Sampai jumpa di artikel selanjutnya . . .

0 komentar: