Friday, January 19, 2018

Mengenal Blender Dan Sortcut Keyboard Beserta Fungsinya

Hello good millennial, jumpa lagi di blogger joeshapictures tema hari ini adalah tentang "Mengenal Blender Dan Sortcut Keyboard Beserta Fungsinya" penasaran, yuk kita baca !

Kali ini saya akan membahas tentang pembuatan object 3D menggunakan blender. Apa sih itu blender? Blender adalah perangkat lunak grafis komputer grafis profesional, gratis dan open source yang digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, seni, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. (*wikipedia)

Aplikasi Blender

Fitur Blender meliputi pemodelan 3D, pembungkus, pengarsipan grafis, pengeditan grafis raster, rigging dan skinning, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, simulasi tubuh lembut, pemotretan, animasi, pemindahan benda, pelacakan kamera, rendering, grafis gerak, pengeditan video dan pengomposisian.

Mengenal Blender Dan Sortcut Keyboard Beserta Fungsinya
Tampilan dari Blender
Sebelum lebih lanjut belajar membuat sebuah object 3D maka kita harus mengetahui dulu  mengenai  beberapa fungsi mouse serta sortcut-sortcut menggunakan keyboard untuk memudahkan kita dalam membuat object 3D menggunakan Blender.

Fungsi Mouse :
  • Klik Kanan : Seleksi Objek
  • Scroll : Zoom in / Zoom Out
  • Klik Scroll seret mouse : Melihat objek dari berbagai sudut

Fungsi Keyboard :
  • Tab : Menggati Mode
  • Ctrl + Tab : Mengganti Jenis Mode Mesh (Vertex, Edge, Face)
  • Ctrl + R : Menambah garis vertex
  • CTRL + ALT + Q : Membagi 4 layar
  • CTRL + Z : Undo
  • SHIFT + D : Menggandakan Objek

S (Scale) : Memberbesar Objek
S + X : Memperbesar objek arah horizontal
S + Y : Melebarkan objek searah sumbuh Y
S + Z : Memperbesar objek arah vertikal

R (Rotate) : Memutar obyek
R + X : Memutar obyek pada sumbu X
R + Y : Memutar obyek pada sumbu Y
R + Z : Memutar obyek pada sumbu Z

A : Seleksi semua / Menghilangkan seleksi
B : Seleksi objek dengan mode kotak
C : Seleksi Objek dengan mode bulat
Z : Mengubah View Port Shading
F : Menggabungkan Objek
E : Menarik Objek yang sudah di seleksi

Selain Itu ada beberapa istilah yang umumnya digunakan dalam membuat obyek 3D yaitu, Antara lain :

Vertex : Menyeleksi dari sisi sudut
Edge : Menyeleksi dari tepi garis
Face : Menyeleksi dari tengah titik
Edit Mode : Mode yang digunakan untuk mengedit vertex, edge, dan face pada sebuah object
Object Mode : Mode object secara utuh.
Render : Melihat hasil gambar.
Material : Untuk pewarnaan
Texture : Untuk menambahkan texture.

Gimana anda tertarik ingin mencoba? Oke, ini ada beberapa tutorial mengenai pembuatan object 3D, di tutorial ini step by step dijelaskan dengan jelas sejelas - jelasnya. Ini dia :


Oke mungkin cukup itu yang bisa saya tulis. Silahkan di coba-coba. Banyak mencoba pasti bisa, karena blender ini tidak sulit selama ada kemauan dan niat Insyaallah bisa, siapa saja bisa.

Terima kasih sudah membaca semoga apa yang kita baca hari ini bisa bermanfaat bagi kita semua, sebelum meninggalkan blogger joeshapictures sebaiknya di share dulu, apa yang kita dapat hari ini ada baiknya jika kita membagikan pengetahuan kepada orang lain. Sampai jumpa di artikel selanjutnya . . .