Thursday, September 7, 2017

Internet | Akademi Komunitas (POLTEK) Negeri Bojonegoro

Pengertian Internet:

Internet | Akademi Komunitas (POLTEK) Negeri Bojonegoro
Internet


Hello good millennial, jumpa lagi di blogger joeshapictures tema hari ini adalah tentang "Internet | Akademi Komunitas (POLTEK) Negeri Bojonegoro" penasaran, yuk kita baca !

Internet adalah sebuah media informasi tanpa batas yang populer dengan sebutan cyberspace atau dunia maya (virtual world). Internet merupakan kependekan dari INTERCONNECTION NETWORKING, yakni sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia

Sejarah Internet :

Diawali dengan terbentuknya jaringan komputer pertama di Amerika Serikat yang diprakasai oleh lembaga yang bernama ARPAnet (US Defense Advanced Research Projects Agency) atau departemen pertahanan amerika pada tahun 1969. NSFnet, jaringan komputer Internasional yang dioperasikan oleh lembaga yang bernama National Science Foundation. Jaringan ini menghubungkan ratusan universitas dan lembaga-lembaga penelitian. MILnet, jaringan komputer untuk kepentingan militer. 

Internet, jaringan komputer yang terluas di bentuk tahun 1982 dengan menghubungkan jaringan utama pemerintahan yang ada (ARPAnet, NSFnet, dan MILnet) setelah itu pemerintah amerika serikat memberikan ijin ke arah komersial pada awal tahun 1990 yang sekarang menghubungkan ribuan jaringan tersebar di seluruh dunia. 

Internet | Akademi Komunitas (POLTEK) Negeri Bojonegoro


WWW

Www atau World Wide Web maupun Web saja adalah sebuah sistem yang saling terkait dalam sebuah dokumen berformat hypertext yang berisi beragam informasi, baik tulisan, gambar, suara, video, dan informasi multimedia lainnya dan dapat diakses melalui sebuah perangkat yang disebut web browser.

DNS

DNS (Domain Name System) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database)di dalam jaringan komputer. misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima (email) untuk setiap domain.

Internet | Akademi Komunitas (POLTEK) Negeri Bojonegoro
Kode DNS (Domain Name System)

URL

Pengertian URL (Uniform Resource Locator) adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet. URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991 agar penulis-penulis dokumen dokumen dapat mereferensikan pranala ke World Wide Web. Sejak 1994, konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya.

Contoh:
  • Source type://host domain/path or directory/filename
  • http://www.intersurf.com/~heinrich/lafossil1.html


HOSTING

Hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL atau DNS.

Peryaratan minimal yang dapat digunakan untuk koneksi internet yaitu:

  • Saluran komunikasi, misalnya ISDN (64 Kbps), Wave Line (2 Mbps) atau Dial-Up Connection (±40 Kbps) atau saluran lain misalnya Satelit
  • ISP (Internet Servis Provider) untuk akses yang memadai disarankan menilih ISP yang memiliki bandwidth terbesar, dan memiliki dua account dari ISP yang berbeda dengan maksud untuk ISP backup, 
  • Penyambungan komputer yang terhubung ke internet menggunakan saluran telepon sering disebut dengan DIAL UP Connection. Untuk menghubungkan komputer ke Internet dengan koneksi dial UP masih perlu persyaaratan lain, yaitu modem dial-up dan ISP. 
  • Modem berfungsi untuk menjembatani hubungan komputer dengan saluran telepon agar data dari komputer dapat melewati saluran telepon, sedangkan ISP digunakan sebagai provider yang dapat menghubungkan komputer komputer ke Internet.
  • Sebuah program browser / penjelajah internet (Internet explorer, mozilla Firefox, Opera, Safari, Google Chrome, dll)

Modem:

Modem Dial Up
  • Modem Internal adalah Modem yang di pasang di dalam komputer terutama pada slot ekspansi yang tersedia dalam motherboard komputer, yang biasanya disebut dengan NIC atau LAN CARD
  • Modem external adalah Modem yang letaknya diluar CPU Komputer, modem ini dihubungkan ke komputer melalui port com atau USB.

Modem Kabel
Perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Sebelum dapat terkoneksi dengan internet, maka pengguna harus untuk melakukan pendaftaran kepada penyedia jasa TV kabel dan ISP

Modem ADSL
ADSL(Asymmetric Digital Subcriber Line) memecah jalur telepon menjadi dua bagian untuk suara dan data, hal ini memungkinkan pengguna untuk melakukan dan menerima panggilan telepon dan melakukan koneksi internet secara simultan tanpa saling mengganggu.

Wifi Adaptor
Merupakan perangkat untuk melakukan koneksi internet melalui gelombang wifi pada daerah  yang terletak dalam wilayah jangkauan hotspot

Keuntungan & Kelemahan:

Keuntungan Modem Internal
  • Lebih hemat tempat dan harganya lebih ekonomis
  • Tidak membutuhkan adaptor sehingga terkesan lebih ringkas tanpa ada banyak kabel

Kelemahan Modem Internal:
  • Tidak terdapat lampu indikator sehingga sulit untuk memantau status modem
  • Tidak mempunyai sumber tegangan sendiri sehingga membutuhkan dari power supply. Hal ini mengakibatkan suhu dalam kotak CPU bertambah panas

Keuntungan Modem Eksternal:
  • Portabilitas cukup baik sehingga dapat dipindah-pindah untuk digunakan pada komputer lain
  • Dilengkapi lampu indikator sehingga mudah untuk memantau ststus dari modem.

Kelemahan Modem Eksternal:
  • Harga lebih mahal dari pada modem internal
  • Membutuhkan tempat atau lokasi tersendiri untuk meletakkan modem tersebut

Kegunaan Internet
  • Internet sebagai media komunikasi
  • Internet Sebagai Media Promosi
  • Internet sebagai Komunikasi Interaktif

Terima kasih sudah membaca semoga apa yang kita baca hari ini bisa bermanfaat bagi kita semua, sebelum meninggalkan blogger joeshapictures sebaiknya di share dulu, apa yang kita dapat hari ini ada baiknya jika kita membagikan pengetahuan kepada orang lain. Sampai jumpa di artikel selanjutnya . . .

0 komentar: