Friday, September 8, 2017

Dasar Pemograman TIPE, NAMA dan NILAI

Dasar Pemograman TIPE, NAMA dan NILAI
Tipe, Name, dan Nilai

Hello good millennial, jumpa lagi di blogger joeshapictures tema hari ini adalah tentang "Dasar Pemograman TIPE, NAMA dan NILAI" penasaran, yuk kita baca !

Untuk mendeklarasikan variabel, sebelumnya harus ditentukan tipenya terlebih dahulu. Tipe ini menentukan nilai yang dapat disimpan variabel tersebut dan operator-operator apa saja yang dapat dikenakan padanya. Suatu tipe menyatakan pola penyajian data dalam komputer. Mendefinisikan tipe berarti 
  • Menentukan nama tipe data itu
  • Mendefinisikan domain nilai yang dapat dimiliki 
  • Perjanjian tentang cara menulis tetapan bertipe tersebut
  • Operator yang dapat dioperasikan terhadap data bertipe tersebut

Tipe data dapat dikelompokan menjadi dua macam :

1. Tipe dasar / sederhana : 
  • bilangan logik 
  • bilangan bulat
  • bilangan riil
  • karakter

2. Tipe bentukan :
  • rekaman (record)
  • String
  • Larik (array)

Dan secara rinci ada enam kelompok tipe data, yaitu :

1. Tipe sederhana. Tipe ini dibagi lagi menjadi dua tipe, yaitu:
a. Tipe real.
b. Tipe ordinal. 
Tipe ordinal sendiri dibagi lagi menjadi beberapa tipe, yaitu :
  • Tipe bilangan bulat
  • Tipe boolean
  • Tipe karakter
  • Tipe terbilang
  • Tipe subjangkauan

2. Tipe string, yaitu sekumpulan karakter.
3. Tipe terstruktur. Tipe ini dibagi lagi menjadi lima, yaitu :
  • Tipe larik (array)
  • Tipe rekaman
  • Tipe objek
  • Tipe himpunan
  • Tipe berkas 

4. Tipe pointer.
5. Tipe prosedural.
6. Tipe objek.

Tidak semua tipe diatas akan dibahas pada modul ini, karena memang ada beberapa tipe data yang jarang digunakan.

Tipe Dasar

Dalam dunia pemrograman, yang termasuk tipe dasar adalah bilangan logika, bilangan bulat, karakter, bilangan Riil, dan string. Tiga tipe dasar yang pertama disebut juga tipe ordinal karena setiap konstanta nilainya dapat ditransformasikan ke suatu nilai integer.

Bilangan Logika

Nama Tipe
Nama tipe bilangan logik adalah boolean

Ranah Nilai (jangkauan)
Bilangan logik hanya mengenal dua buah nilai: benar (true) atau salah (false). Istilah “bilangan” pada “bilangan logik” muncul karena nilai “benar” dan “salah” dapat dinyatakan dengan angka 1 dan 0 (atau sebaliknya tergantung konvensi yang digunakan).

Konstanta
Karena ranah nilai tipe boolean hanya beranggotakan dua buah nilai, maka konstanta (constant) atau tetapan yang terdapat pada tipe ini adalah true dan false
Operasi–operasi yang dapat terhadap tipe boolean dikenal dengan operasi logika atau operasi boolean. Operasi logika menghasilkan nilai true atau false. Operator yang umum digunakan untuk operasi logika adalah: not, and, or, xor.

Bilangan Bulat

Nama Tipe
Nama tipe bilangan bulat adalah integer 

Ranah Nilai (jangkauan)
Dalam algoritma kita dapat mendefinisikan ranah tertentu untuk obyek yang kita definisikan. Pendefinisian ranah ini diperlukan untuk menyatakan bahwa nilai obyek hanya boleh berada dalam ranah tersebut. Misalnya obyek “jam“ didefinisikan bertipe bilangan bulat dengan ranah nilai untuk “jam” adalah dalam {0..23}. implementasi tipe integer dalam bahsa pemrograman tergantung pada kompilator bahasa yang digunakan.

Tipe bilangan bulat adalah tipe yang memiliki keterurutan. Ini artinya, bila sebuah nilai bilangan bulat diketahui, nilai sebelumnya (predecessor) dan nilai sesudahnya (successor) dapat ditentukan. Contohnya, predecessor dari 8 adalah 7, sedangkan  successor-nya adalah 9.

Konstanta
Konstanta untuk nilai bertipe bilangan bulat harus ditulis tanpa mengandung titik desimal.

Operasi
Operasi yang dilakukan terhadap bilangan bulat ada dua macam, yaitu operasi aritmetika dan operasi perbandingan. 

a. Operasi Aritmetika
Operasi aritmetika terhadap bilangan bulat dengan sembarang operator aritmetika akan menghasilkan nilai yang bertipe bilangan bulat juga. Operator aritmetika yang berlaku pada bilangan bulat adalah:

Dasar Pemograman TIPE, NAMA dan NILAI
Operasi Aritmetika

Operator div (divide) adalah operator pembagian khusus untuk bilangan bulat yang memberikan hasil pembagian berupa bilangan bulat, sedangkan mod (modulo) memberikan sisa hasil pembagian.
Obyek yang dioperasikan disebut operand. Misalkan pada operasi a + b, masing-masing a dan b adalah operand, sedangkan “+” adalah operatornya. Semua operator di atas membutuhakan dua buah operand dalam pengoperasiannya, sehingga disebut juga operator biner. Khusus untuk operator “-“, dapat juga menjadi operator uner, karena dapat dioperasikan sebagai dengan satu operand, misalnya –5, -25, dan sebagainya.

b. Operasi Perbandingan
Operasi perbandingan terhadap bilangan bulat dengan salah satu operator relasional menghasilkan nilai boolean (true atau false). Operator perbandingan untuk bilangan bulat adalah:

Dasar Pemograman TIPE, NAMA dan NILAI
Operasi Perbandingan

Bilangan Riil

Bilangan riil adalah bilangan yang mengandung pecahan desimal, misalnya 3.65, 0.0003,, 2.60240000E-6, .24, dan lain-lain. 

Nama Tipe
Nama tipe bilangan riil adalah real 

Ranah Nilai (jangkauan)
Dalam implementasinya , tipe real mempunyai rentang nilai yang terbatas tergantung dengan kompilator yang digunakan (secara teoritis  tipe bilangan riil memiliki rentang nilai yang tidak terbatas).

Konstanta
Setiap konstanta yang bertipe bilangan riil harus ditulis dengan tanda titik desimal.

Operasi
Operasi yang dilakukan terhadap bilangan riil ada dua macam, yaitu operasi aritmetika dan operasi perbandingan. 

a. Operasi Aritmetika
Operasi aritmetika terhadap bilangan riil dengan sembarang operator aritmetika akan menghasilkan nilai yang bertipe bilangan riil juga. Operator aritmetika yang berlaku pada bilangan riil adalah:

Dasar Pemograman TIPE, NAMA dan NILAI
Operasi Aritmetika

Umumnya kompilator bahasa pemrograman membolehkan operasi campuran, yaitu operasi aritmetika dengan salah satu operand-nya bertipe bilangan riil sedangkan operand lainnya bilangan bulat. Oleh kompilator tersebut, nilai operand bilangan bulat dikonversi menjadi bilangan riil. Hal ini juga berlaku bila semua operand merupakan bilangan bulat, sedangkan peubah penampungnya bertipe riil.
Sedapat mungkin di dalam algoritma kita menghindari operasi campuran.

b. Operasi Perbandingan
Operasi perbandingan terhadap bilangan riil dengan salah satu operator relasional menghasilkan nilai boolean (true atau false). Operator perbandingan untuk bilangan riil adalah:

Dasar Pemograman TIPE, NAMA dan NILAI
Operasi Perbandingan

Pada operasi perbandingan terhadap bilangan riil tidak mengenal operator kesamaan atau “=”. Hal ini karena bilangan riil tidak dapat disajikan secara tepat oleh komputer. Misalnya 1/3 tidak sama dengan 0.3333333, sebab 1/3=0.33333333……….. (denga angka tiga yang tidak pernah berhenti.

Variabel/ Parameter

Variabel adalah identifier yang berisi data yang dapat berubah-ubah nilainya didalam program. 
Contoh variabel (pengenal) yang benar :
  • Semester_1
  • N2
  • K
  • HargaBarang
  • Nilai_Akhir
  • JumlahPenduduk
  • Jumlah_Total

Contoh variabel identifier (pengenal) yang salah :
  • Semester  1
  • 2N
  • Harga  Barang
  • Jumlah-Penduduk

Operator

Pada dasarnya ada tujuh macam operator, yaitu :
  • operator pemberian nilai, contoh : = 
  • operator aritmetik , contoh : +, - , *, /, div, mod 
  • operator pemanipulasi bit
  • operator Boolean, contoh : And, Or, Nand, Nor, Xor 
  • operator pembanding, contoh : >, > , <, < , <>
  • operator himpunan, contoh : + (Union) , - (Selisih) , * (Intersection)
  • operator string, contoh : + (concat)

Tapi pada modul ini tidak akan dibahas semua operator tersebut, hanya beberapa saja, mengingat keterbatasan yang ada. 

Operator Pemberian Nilai
Operator yang paling sering digunkan adalah operator pemberian nilai. Contoh :

A := 12 ; 
{untuk tipe bil. Bulat / integer}
B := ‘Hallo….’ ;
{untuk tipe string}
Phi := 3.14 ;
{untuk tipe real}

Operator Aritmetik
Operator aritmetik hanya dapat dipakai pada operan bertipe bilangan bulat dan riil. Ada enam macam operator aritmetik, yaitu :

Dasar Pemograman TIPE, NAMA dan NILAI
Operator Aritmetik

Berikut ini adalah contoh penggunaan operator aritmetik :
  • X := y + z ;
  • Z := a – b – c – d ;
  • L := 5 * 9 * 3.14 ;
  • X := a / b ;
  • C := 10 div 2 ;
  • D := i mod j ;

Terima kasih sudah membaca semoga apa yang kita baca hari ini bisa bermanfaat bagi kita semua, sebelum meninggalkan blogger joeshapictures sebaiknya di share dulu, apa yang kita dapat hari ini ada baiknya jika kita membagikan pengetahuan kepada orang lain. Sampai jumpa di artikel selanjutnya . . .

0 komentar: