Tuesday, November 28, 2017

Konsep Pemrograman Berbasis Web - Pemrograman Web - Akademi Komunitas (POLTEK) Negeri Bojonegoro

Konsep Pemrograman Berbasis Web - Pemrograman Web - Akademi Komunitas (POLTEK) Negeri Bojonegoro
Konsep Pemrograman Berbasis Web

KONSEP DASAR WEB

Hello good millennial, jumpa lagi di blogger joeshapictures tema hari ini adalah tentang "Konsep Pemrograman Berbasis Web - Pemrograman Web - Akademi Komunitas (POLTEK) Negeri Bojonegoro" penasaran, yuk kita baca !

WEB/WEBSITE/SITUS : Kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau bergerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan virtual yang saling terkait, dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).
  • Bersifat statis jika isi informasi website tetap, jarang berubah dan isi informasinya searah (hanya dari pemilik website). Contoh website statis adalah profil perusahaan
  • Bersifat dinamis jika isi informasi website selalu berubah-ubah dan isi informasinya interaktif dua arah, berasal dari pemilik website serta juga bisa berasal dari pengguna website (user/visitor). Contoh website dinamis adalah facebook, Instagram, Twitter, Situs Berita, Blog dll


UNSUR PENUNJANG WEB - NAMA DOMAIN

  • Nama domain, domain name atau URL (Uniform Resource Locator).
  • Alamat unik di internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website atau alamat yang digunakan untuk menemukan sebuah website di dunia internet.
  • Contoh : www.aknbojonegoro.ac.id, www.sinyalbisnis.com.
Konsep Pemrograman Berbasis Web - Pemrograman Web - Akademi Komunitas (POLTEK) Negeri Bojonegoro
  • Nama domain diperjual belikan secara bebas di internet dengan status sewa tahunan.
  • Setelah membeli sebuah nama domain di salah satu perusahaan penyedia jasa pendaftaran domain, maka pengguna akan mendapatkan sebuah control panel untuk administrasinya (setting). Misalnya untuk mengganti name server (pointing domain ke server hosting).
  • Karena setiap server hosting akan memiliki name server berbedabeda.
  • Jika pengguna lupa atau tidak memperpanjang masa sewa domain, maka domain tersebut akan dilepas lagi ketersediannya untuk umum (bisa dibeli orang lain).
  • Nama domain punya identifikasi ekstensi/akhiran sesuai dengan kepentingan dan lokasi keberadaan website tersebut.
  • Contoh nama domain ekstensi internasional : .com, .net, .org, .info, .biz, .name, .ws dll.


Contoh Ekstensi Domain di Indonesia

• .co.id (untuk badan usaha yang punya badan hukum sah)
• .ac.id (untuk lembaga pendidikan, khususnya perguruan tinggi)
• .go.id (untuk lembaga pemerintahan republik Indonesia)
• .mil.id (untuk lembaga militer republik Indonesia)
• .or.id (untuk segala macam organisasi yang tidak termasuk dalam kategori .co.id, ..id, .go.id dan .mil.id)
• .sch.id (untuk lembaga Pendidikan seperti SD, SMP, SMA/SMK)
• .web.id (untuk badan usaha, organisasi atau perorangan yang melakukan kegiatannya di World Wide Web)
• DLL

UNSUR PENUNJANG WEB - HOSTING

Web hosting dapat diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat penyimpanan berbagai data, file, gambar, video, data email, statistic, database dll yang akan ditampilkan pada sebuah website Web hosting juga kita peroleh dengan cara menyewa (bulanan, 3 bulanan, 6 bulanan, 12 bulanan, 24 bulanan, 36 bulanan) Setelah menyewa atau membeli web hosting, pengguna akan memperoleh control panel yang terproteksi dengan username dan password untuk keperluan administrasi web


KAPASITAS WEB HOSTING

Besarnya kapasitas web hosting ditentukan dengan ruangan ukuran MB (Mega Byte) atau GB (Giga Byte), Pengguna bisa menyewa web hosting dari perusahaan penyedia web hosting dalam negeri maupun luar negeri (biasanya perusahaan web hosting dalam negeri adalah reseller dari perusahaan web hosting luar negeri)

Konsep Pemrograman Berbasis Web - Pemrograman Web - Akademi Komunitas (POLTEK) Negeri Bojonegoro

Perusahaan Web Hosting DalamNegeri

• Rumahweb.com
• Idwebhost.com
• Ardetamedia.com
• Klikhost.com
• Jagoanhosting.com
• Dapurhosting.com
• Dewaweb.com
• DLL

Perusahaan Web Hosting Luar Negeri

• Hawkhost.com
• Hostgator.com
• Bluehost.com
• Namecheap.com
• Digitalocean.com (VPS dan Dedicated)
• Vultr.com (VPS dan Dedicated)
• DLL


TIPS MEMILIH LOKASI SERVER

Saat kita akan membuat web, tentukan dulu target pengunjungnya orang dari negara mana, misalnya kita mau membuat web sekolah atau toko online dengan target pengunjung dari dalam negeri (Indonesia) maka pilihlah lokasi server terdekat dekat lokasi user/visitor, misalnya kita pilih lokasi server di JAKARTA/SINGAPURA.

Misalnya kita membuat web untuk keperluan bisnis google adsense, affiliate amazon, affiliate clickbank, toko online dengan target pembeli orang amerika, maka pilih lokasi server di Amerika, missal di Dallas, Texas, Washington DC, DLL


UNSUR PENUNJANG WEB – SCRIPT PROGRAM

Bahasa pemrograman (script program) digunakan untuk menerjemahkan perintah dalam website saat diakses. Jenis Bahasa pemrograman yang dipilih dan digunakan menentukan statis, dinamis atau interaktifnya sebuah website. Semakin banyak jenis Bahasa pemrograman yang digunakan, maka website akan semakin dinamis, interaktif dan terlihat bagus. Jenis Bahasa pemrograman yang banyak dipakai para web master : HTML, ASP, PHP, JSP, Java Scripts, XML, Ajax dll. Bahasa dasar yang digunakan setiap web adalah HTML, sedangkan PHP, ASP, JSP dll adalah Bahasa pendukung yang bertindak sebagai pengatur dinamis dan interaktifnya website



ARSITEKTUR WEB

Arsitektur web adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs web. Fokus utama arsitektur web adalah pada pengguna/user/visitor dan kebutuhan pengguna Hal ini membutuhkan perhatian khusus pada konten/isi web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan desain arsitektur web Setiap halaman website sebaiknya tidak lebih dari 2 level kedalaman atau 2 kali klik dari halaman depan (home) Struktur 3 lapisan akan menghasilkan website yang mudah ditelusuri bagi pengunjung


Halaman-Halaman Website

1. Halaman Depan (Home Page)
Setiap website memiliki halaman depan yang merupakan halaman pertama yang dilihat oleh pengunjung dan juga merupakan halaman yang paling penting dalam mendapatkan urutan pencarian tinggi dari mesin pencari (google, bing dll), karena mesin pencari memberikan lebih banyak bobot kepada halaman depan daripada halamanhalaman lainnya. Halaman depan harus memberikan informasi yang jelas dan singkat dan seuaikan dengan kebutuhan

2. Halaman Produk/Jasa
  • Bagian dari website yang berisi penawaran produk/jasa 
  • Harus menggambarkan secara singkat dan tepat apa yang ditawarkan 
  • Jumlah halaman produk/jasa sebaiknya disesuaikan dengan jumlah produk/jasa yang ditawarkan. Kalau kita punya 20 produk, maka buatlah 20 halaman produk 
  • Sebaiknya tambahkan Call to Action (CTA) pada setiap halaman produk/jasa 
  • CTA bisa berisi form order, nomor hp, bbm, email, line, tambah ke keranjang dsb
3. Halaman Informasi
  • Profil : berisi sejarah mengenai bisnis atau perusahaan, visi dan misi, siapa saja pengurus inti website atau perusahaan, dan hal-hal lainnya mengenai bisnis atau perusahaan 
  • FAQ (Frequently Asked Question) : berisi pertanyaan-pertanyaan uum mengenai produk atau jasa yang kita tawarkan 
  • Testimoni : berisi kesaksian pelanggan mengenai penggunaan produk atau jasa yang ditawarkan 
  • Berita Terbaru : berisi berita-berita mengenai produk/jasa baru, tips-tips, promo-promo yang diadakan, serta pengumuman-pengumuman lainnya
4. Halaman Keanggotaan
  • Halaman yang sangat penting untuk pengembangan website di masa mendatang, dengan mengetahui siapa pengunjung, berapa jumlah member, bagaimana perkembangan pengunjung web aktif dari hari ke hari 
  • Untuk mengetahui berapa jumlah pengunjung, bias menggunakan layanan pihak ketiga seperti histats.com, google analytic, facebook pixel dll
5. Halaman Kontak
  • Halaman ini berisi cara-cara untuk menghubungi admin/pengurus website, bisa melalui formulir kontak, email, telepon, chatting, bbm, whatsapp, line, alamat surat/lokasi dsb 
  • Halaman kontak akan memberikan rasa nyaman kepada pengunjung karena mereka bias berhubungan dengan pemilik website 
  • Ketika pengujung merasa nyaman, maka TRUST atau KEPERCAYAAN akan meningkat, maka hal ini akan bisa meningkatkan interaksi, transaksi maupun penjualan atas produk/jasa yang kita tawarkan


BAGIAN-BAGIAN DARI ARSITEKTUR WEB

• Hypertext Transfer Protocol (HTTP)
• WWW (World Wide Web)
• URL (Universal Resource Locator)
• XML (Extensible Markup Language)
• JavaScript
• AJAX

1.) Hypertext Transfer Protocol (HTTP)
Hypertext Transfer Protocol (HTTP) : Protokol level aplikasi untuk system informasi hypermedia tersebar. Protokol ini generik (umum) yang dapat dimanfaatkan untuk banyak tugas selain hypertext. HTTP adalah bahasa komunikasi antara web browser dengan web server, dimana kebanyakan komunikasi di di luar perhatian pemakai web browser.

2.) WWW (World Wide Web)
WWW (World Wide Web) merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama.

3.) URL (Universal Resource Locator)
URL (Universal Resource Locator) merupakan suatu konsep penamaan lokasi standar dari suatu file, direktori, komputer dan lokasi komputernya sesuai dengan metode yang digunakan. URL tidak hanya dapat menunjuk ke suatu file tapi dapat juga menunjuk suatu query, dokumen dalam suatu database atau hasil dari perintah.

4.) XML (Extensible Markup Language)
XML (Extensible Markup Language) merupakan bahasa web turunan dari SGML (Standart Generalized Markup Language) yang ada sebelumnya. XML hampir sama dengan HTML, dimana keduanya sama-sama turunan dari SGML

5.) JavaScript
JavaScript adalah bahasa pemrograman berbasis prototipe yang berjalan di sisi klien Jika kita berbicara dalam konteks web, sederhananya, kita dapat memahami JavaScript sebagai bahasa pemrograman yang berjalan di browser. Javascript dipanggil untuk memberikan fungsi pada halaman web dengan meletakannya secara internal pada halaman html di antara tag atau dibuat pada file terpisah (eksternal)

6.) AJAX
AJAX disini adalah singkatan dari Asynchronous JavaScript and XML. Ajax merupakan gabungan beberapa teknologi yang bertujuan untuk menghindari page reload.


WEB STATIS DAN WEB DINAMIS

WEB STATIS : web yang menampilkan informasi-informasi yang sifatnya statis (tetap)
WEB DINAMIS / INTERAKTIF : web yang menampilkan informasi serta dapat berinteraksi dengan user yang sifatnya dinamis. Sehingga untuk membuat web dinamis dibutuhkan kemampuan pemrograman web.

Terima kasih sudah membaca semoga apa yang kita baca hari ini bisa bermanfaat bagi kita semua, sebelum meninggalkan blogger joeshapictures sebaiknya di share dulu, apa yang kita dapat hari ini ada baiknya jika kita membagikan pengetahuan kepada orang lain. Sampai jumpa di artikel selanjutnya . . .

*Penulis : Erwin Alexandra, S.Pd
*Download File PDF

Thursday, November 9, 2017

Sejarah Singkat Hari Kartini

Sejarah Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April 2017

Hello good millennial, jumpa lagi di blogger joeshapictures tema hari ini adalah tentang "Sejarah Singkat Hari Kartini" penasaran, yuk kita baca !

21 april sehingga dengan itu Indonesia yang telah memperingati jasa pahlawan pada tanggal tersebut. Barikut adalah sejarah singkat Hari Kartini yang hingga kini dikenang bangsa Indonesia.

Sejarah Singkat Hari Kartini
Keluarga Besar RA Kartini

Raden Adjeng Kartini adalah anak dari Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat dan ibunya M.A Ngasirah yang memiliki kelahiran di Jepara, Hindia Belanda, 21 April 1879. Atau sebenarnya lebih tepat disebut Raden Ayu Kartini adalah seorang tokoh Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia. Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi. Hidup dari kaum bangsawan membuatnya dapat menempuh pendidik yang lebih tinggi daripada temanya dari kaum biasa.

Pada umur 21 Kartini yang harus berhenti menempuh pendidikan karena berbenturan dengan norma yang berlaku saat itu. sehingga dia harus menjalani tradisi di pingit atau larang untuk keluar rumah dari gadis. Namun semangat belajar kartini tidak surut, melalu beberapa surat yang telah ditulisnya, dia telah bertanya dan menghubungi para sahabatnya  yang kebanyakan berasal dari Belanda untuk dapat saling bertukar ilmu.

Hingga akhirnya, Kartini yang telah disunting oleh KRM Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat yang menjabat sebagai Bupati Rembang. Dan suaminya juga telah mendukung keinginan dari Kartini untuk mendirikan sekolah khusus kepada wanita.

Namun, kehendak berkata lain, kalau Kartini telah meninggal dunia setelah beberapa hari melahirkan anak pertama dan terakhirnya yang diberi nama Soesalit Djojoadhiningrat pada tanggal 13 September 1904 di Rembang, Hindia Belanda. Pada saat itu usianya yang masih 25 tahun.

Untuk mengenang jasa dari R.A Kartini ini, hingga saat ini Indonesia telah memperingati Hari Kartini hingga sekarang ini. Ada kata mutiara yang hingga sekarang terkenal dari pehlawan wanita ini, yaitu “Habis Gelap Terbitlah Terang”. Namun ada beberapa kata-kata bijak lainnya yang telah dibuat oleh R.A Kartini yang dapat dijadikan untuk motivasi dalam menjalani hidup. Dalam tulisan kata-kata bijaknya juga telah memiliki visi khusus salah satunya adalah dalam membela Bangsa Indonesia.

Berikut adalah kata-kata dari Raden Adjeng Kartini :

"Tidak ada sesuatu yang lebih menyenangkan, selain menimbulkan senyum di wajah orang lain, terutama wajah yang kita cintai"

"Jangan mengeluhkan hal – hal buruk yang datang dalam hidupmu. Tuhan tak pernah memberikannya, kamulah yang membiarkannya datang"

"Gadis yang pikirannya sudah dicerdaskan, pemandangannya sudah diperluas, tidak akan sanggup lagi hidup di dalam dunia nenek moyangnya"

"Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu – satunya hal yang benar – benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri"

"Saat membicarakan orang lain Anda boleh saja menambahkan bumbu, tapi pastikan bumbu yg baik"

"Lebih banyak kita maklum, lebih kurang rasa dendam dalam hati kita. Semakin adil pertimbangan kita dan semakin kokoh dasar rasa kasih sayang. Tiada mendendam, itulah bahagia"

"Ikhtiar! Berjuanglah membebaskan diri. Jika engkau sudah bebas karena ikhtiarmu itu, barulah dapat engkau tolong orang lain"

Tujuan dari kata-kata bijak tersebut adalah untuk mengajak rakyat memajukan Indonesi dan tidak mengenal lelah dalam hal mengejar mimpi. Selain itu, dalam peringatan Hari Kartini ini, jasa beliau untuk mengangkat derjay kaum perempuan juga sangat besar.

Dalam peringatan Hari Kartini ini. adalah untuk mengenang jasa dari R.A Kartini yang cukup besar kepada Indonesia dan memajukan emansipasi wanita pada saat itu dengan menyetarakan dengan kaum pria.

Sejarah Singkat Hari Kartini
RA Karniti & Suami

Pemikiran Raden Adjeng Kartini

Pada surat-surat Kartini tertulis pemikiran-pemikirannya tentang kondisi sosial saat itu, terutama tentang kondisi perempuan pribumi. Sebagian besar surat-suratnya berisi keluhan dan gugatan khususnya menyangkut budaya di Jawa yang dipandang sebagai penghambat kemajuan perempuan. Dia ingin wanita memiliki kebebasan menuntut ilmu dan belajar. Kartini menulis ide dan cita-citanya, seperti tertulis: Zelf-ontwikkeling dan Zelf-onderricht, Zelf- vertrouwen dan Zelf-werkzaamheid dan juga Solidariteit. Semua itu atas dasar Religieusiteit, Wijsheid en Schoonheid (yaitu Ketuhanan, Kebijaksanaan dan Keindahan), ditambah dengan Humanitarianisme (peri kemanusiaan) dan Nasionalisme (cinta tanah air).

Surat-surat Kartini juga berisi harapannya untuk memperoleh pertolongan dari luar. Pada perkenalan dengan Estelle "Stella" Zeehandelaar, Kartini mengungkap keinginan untuk menjadi seperti kaum muda Eropa. Ia menggambarkan penderitaan perempuan Jawa akibat kungkungan adat, yaitu tidak bisa bebas duduk di bangku sekolah, harus dipingit, dinikahkan dengan laki-laki yang tak dikenal, dan harus bersedia dimadu.

Surat-surat Kartini banyak mengungkap tentang kendala-kendala yang harus dihadapi ketika bercita-cita menjadi perempuan Jawa yang lebih maju. Meski memiliki seorang ayah yang tergolong maju karena telah menyekolahkan anak-anak perempuannya meski hanya sampai umur 12 tahun, tetap saja pintu untuk ke sana tertutup. Kartini sangat mencintai sang ayah, namun ternyata cinta kasih terhadap sang ayah tersebut juga pada akhirnya menjadi kendala besar dalam mewujudkan cita-cita. Sang ayah dalam surat juga diungkapkan begitu mengasihi Kartini. Ia disebutkan akhirnya mengizinkan Kartini untuk belajar menjadi guru di Betawi, meski sebelumnya tak mengizinkan Kartini untuk melanjutkan studi ke Belanda ataupun untuk masuk sekolah kedokteran di Betawi.

Keinginan Kartini untuk melanjutkan studi, terutama ke Eropa, memang terungkap dalam surat-suratnya. Beberapa sahabat penanya mendukung dan berupaya mewujudkan keinginan Kartini tersebut. Ketika akhirnya Kartini membatalkan keinginan yang hampir terwujud tersebut, terungkap adanya kekecewaan dari sahabat-sahabat penanya. Niat dan rencana untuk belajar ke Belanda tersebut akhirnya beralih ke Betawi saja setelah dinasihati oleh Nyonya Abendanon bahwa itulah yang terbaik bagi Kartini dan adiknya Rukmini.

Pada pertengahan tahun 1903 saat berusia sekitar 24 tahun, niat untuk melanjutkan studi menjadi guru di Betawi pun pupus. Dalam sebuah surat kepada Nyonya Abendanon, Kartini mengungkap tidak berniat lagi karena ia sudah akan menikah. "...Singkat dan pendek saja, bahwa saya tiada hendak mempergunakan kesempatan itu lagi, karena saya sudah akan kawin..." Padahal saat itu pihak departemen pengajaran Belanda sudah membuka pintu kesempatan bagi Kartini dan Rukmini untuk belajar di Betawi.

Saat menjelang pernikahannya, terdapat perubahan penilaian Kartini soal adat Jawa. Ia menjadi lebih toleran. Ia menganggap pernikahan akan membawa keuntungan tersendiri dalam mewujudkan keinginan mendirikan sekolah bagi para perempuan bumiputra kala itu. Dalam surat-suratnya, Kartini menyebutkan bahwa sang suami tidak hanya mendukung keinginannya untuk mengembangkan ukiran Jepara dan sekolah bagi perempuan bumiputra saja, tetapi juga disebutkan agar Kartini dapat menulis sebuah buku.

Perubahan pemikiran Kartini ini menyiratkan bahwa dia sudah lebih menanggalkan egonya dan menjadi manusia yang mengutamakan transendensi, bahwa ketika Kartini hampir mendapatkan impiannya untuk bersekolah di Betawi, dia lebih memilih berkorban untuk mengikuti prinsip patriarki yang selama ini ditentangnya, yakni menikah dengan Adipati Rembang.

Mungkin hanya itu sekilas tentang Raden Adjeng Kartini, kami selaku admin mengucapkan Selamat Hari Kartini 21 April 2017, stop meremehkan perempuan karena indonesia tidak akan maju tanpa perempuan..

Terima kasih sudah membaca semoga apa yang kita baca hari ini bisa bermanfaat bagi kita semua, sebelum meninggalkan blogger joeshapictures sebaiknya di share dulu, apa yang kita dapat hari ini ada baiknya jika kita membagikan pengetahuan kepada orang lain. Sampai jumpa di artikel selanjutnya . . .

*NB (Sumber: Wikipedia)

Wednesday, November 1, 2017

4 Pahlawan Yang Sejarah Hidupnya Seakan Hilang dari Sejarah

Hello good millennial, jumpa lagi di blogger joeshapictures tema hari ini adalah tentang "4 Pahlawan Yang Sejarah Hidupnya Seakan Hilang dari Sejarah" penasaran, yuk kita baca !

4 Pahlawan Yang Sejarah Hidupnya Seakan Hilang dari Sejarah
Tokoh - Tokoh Revolusioner Indonesia

Berikut adalah Tokoh - Tokoh Revolusioner Indonesia yang sejarah hidupnya seakan hilang dari sejarah, meski beliau turut memperjuangkan Indonesia merdeka. Entah karena sebab apa, namun dugaan kuat bahwa mereka hilang karena sebab politik yaitu karena pergolakan PKI pada masa kemerdekaan Indonesia.

Ibrahim Datuk Tan Malaka


4 Pahlawan Yang Sejarah Hidupnya Seakan Hilang dari Sejarah
Datuk Tan Malaka

Nama lengkapnya, Ibrahim Datuk Tan Malaka. Nama aslinya adalah Ibrahim. Sedangkan “Tan Malaka” adalah nama semi-bangsawan yang ia dapatkan dari garis ibu. Tanggal kelahirannya tidak dapat dipastikan. Data yang ada hanya menyebutkan bahwa ia lahir pada Juni 1897. Adapun tempat kelahirannya sekarang dikenal sebagai Nagari Pandan Gadang, Suliki, Sumatera Barat. Ayahnya bernama HM. Rasad, seorang karyawan pertanian. Adapun ibunya bernama Rangkayo Sinah, putri orang yang disegani di desa.

Tan kecil mempelajari ilmu agama dan berlatih pencak silat. Pada tahun 1908, ia didaftarkan ke Kweekschool (sekolah guru negara) di Fort de Kock. Menurut gurunya, GH Horensma, meskipun Tan kadang-kadang tidak patuh, namun ia murid yang pintar. Di sekolahnya, ia menikmati pelajaran bahasa Belanda, sehingga Horensma menyarankan agar ia menjadi seorang guru di sekolah Belanda.

Ia juga seorang pemain sepak bola yang hebat. Ia lulus dari sekolah pada tahun 1913. Setelah lulus, ia ditawari gelar “Datuk”. Ia menerima gelar tersebut dalam sebuah upacara tradisional pada tahun 1913.

Widji Widodo


4 Pahlawan Yang Sejarah Hidupnya Seakan Hilang dari Sejarah
Widji Widodo

Widji Thukul, yang bernama asli Widji Widodo (lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 26 Agustus 1963 – meninggal di tempat dan waktu yang tidak diketahui, hilang sejak diduga diculik, 27 Juli 1998 pada umur 34 tahun) adalah sastrawan dan aktivis hak asasi manusia berkebangsaan Indonesia. Tukul merupakan salah satu tokoh yang ikut melawan penindasan rezim Orde Baru. Sejak 1998 sampai sekarang dia tidak diketahui rimbanya, dinyatakan hilang dengan dugaan diculik oleh militer.

Keluarga Thukul, begitu sapaan akrabnya adalah anak pertama dari tiga bersaudara. Ia lahir dari keluarga Katolik dengan keadaan ekonomi sederhana. Ayahnya adalah seorang penarik becak, sementara ibunya terkadang menjual ayam bumbu untuk membantu perekonomian keluarga

Thukul Mulai menulis puisi sejak SD, dan tertarik pada dunia teater ketika duduk di bangku SMP. Bersama kelompok Teater Jagat, ia pernah ngamen puisi keluar masuk kampung dan kota. Sempat pula menyambung hidupnya dengan berjualan koran, jadi calo karcis bioskop, dan menjadi tukang pelitur di sebuah perusahaan mebel. Pada Oktober 1989, Thukul menikah dengan istrinya Siti Dyah Sujirah alias Sipon yang saat itu berprofesi sebagai buruh.. Tak lama semenjak pernikahannya, Pasangan Thukul-Sipon dikaruniai anak pertama bernama Fitri Nganthi Wani, kemudian pada tanggal 22 Desember 1993 anak kedua mereka lahir yang diberi nama Fajar Merah.

Munir Said Thalib


4 Pahlawan Yang Sejarah Hidupnya Seakan Hilang dari Sejarah
Munir Said Thalib

Munir Said Thalib adalah seorang aktivis kemanusiaan yang sangat aktif memperjuangkan hak-hak orang tertindas. Selama hidupnya, Ia selalu berkomitmen membela siapa saja yang haknya terzalimi. Munir dan sosok humanisnya terlihat ketika ia mendapatkan hadiah ratusan juta rupiah sebagai penerima "The Right Livelyhood Award,". Lalu, Munir tak segan membagikan seluruh hadiahnya kepada Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) dan ibunda tercinta. Salah satu sosok yang dikenal di dunia Internasional ini, lahir di Malang, Jawa Timur pada 8 Desember 1965 dan wafat pada 7 September 2004. 

Munir melanjutkan studi masternya di bidang hukum di program studi master (S2) di Universitas Utrecht. Munir melakukan penerbangan dari Jakarta ke Amsterdam, Belanda. Saat transit di Singapura, ia wafat karena mengonsumsi makanan yang terkontaminasi racun arsenik.

Namun sangat disayangkan, sampai saat ini kasus kematian Munir menyisakan banyak pertanyaan yang belum terjawab. Kasus ini pun menjadi salah satu agenda pada masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Saat itu, presiden SBY telah menyatakan bahwa kasus kematian Munir merupakan “a test of our history”. Untuk mengungkap kasus kematian Munir, presiden pun menyatakan bahwa semua pihak yang terlibat dalam kasus Munir harus diproses secara hukum.

Proses hukum yang tidak kunjung selesai ini, membuat banyak pihak seperti Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) menaruh perhatian lebih terhadap kasus Munir. Karena kasus Munir ini tampak begitu banyak halang rintangnya, dan terkesan ditutup-tutupi oleh beberapa oknum. Munir adalah sosok yang disenangi oleh masyarakat, namun cukup dibenci beberapa oknum. Karena pemikirannya yang berbeda dari masyarakat umum lainnya.

Marsinah


4 Pahlawan Yang Sejarah Hidupnya Seakan Hilang dari Sejarah
Marsinah

Namanya Marsinah. Perempuan ini lahir pada 10 April 1969 di  Nganjuk. Tak ada yang istimewa dengan proses kelahirannya sampai ia menjadi buruh di PT. Catur Putera Surya. Delapan kata  yang menyusun nama tersebut membuatnya identik berasal dari salah satu pulau terpadat di Indonesia. Mengapa ia menjadi spesial saat di perusahaan tersebut?. Lebih tepatnya lagi saat ia aktif terlibat dalam organisasi buruh dan menjadi yang terdepan dalam aksi menuntut kenaikan upah serta kelayakan hidup.

Anak nomor dua dari tiga bersaudara ini merupakan buah kasih antara Sumini dan Mastin. Sejak usia tiga tahun, Marsinah telah ditinggal mati oleh ibunya. Bayi Marsinah kemudian diasuh oleh neneknya—Pu’irah—yang tinggal bersama bibinya—Sini—di desa Nglundo, Nganjuk, Jawa Timur.

Pendidikan dasar ditempuhnya di SD Karangasem 189, Kecamatan Gondang. Sedang pendidikan menengahnya di SMPN 5  Nganjuk. Sedari kecil, gadis berkulit sawo matang itu berusaha mandiri. Menyadari nenek dan bibinya kesulitan mencari kebutuhan sehari-hari, ia berusaha memanfaatkan waktu luang untuk mencari penghasilan dengan berjualan makanan kecil.

Di lingkungan keluarganya, ia dikenal anak rajin. Jika tidak ada kegiatan sekolah, ia biasa membantu bibinya memasak di dapur. Sepulang dari sekolah, ia biasa mengantar makanan untuk pamannya di sawah. “Dia sering mengirim bontotan ke sawah untuk saya. Kalau panas atau hujan, biasanya anak itu memakai payung dari pelepah pisang,” kenang Suradji, pamannya Marsinah sambil menerawang. Berbeda dengan teman sebayanya yang lebih suka bermain-main, ia mengisi waktu dengan kegiatan belajar dan membaca. Kalaupun keluar, paling-paling dia hanya pergi untuk menyaksikan siaran berita televisi.

Ia dikenal sebagai seorang pendiam, lugu, ramah, supel, tingan tangan dan setia kawan. Ia sering dimintai nasihat mengenai berbagai persoalan yang dihadapi kawan-kawannya. Kalau ada kawan yang sakit, ia selalu menyempatkan diri untuk menjenguk. Selain itu ia seringkali membantu kawan-kawannya yang diperlakukan tidak adil oleh atasan. Ia juga dikenal sebagai seorang pemberani.

Keresahan tersebut akhirnya berbuah perjuangan. Pada tanggal 3 Mei 1993 seluruh buruh PT. CPS tidak masuk kerja, kecuali staf dan para Kepala Bagian. Sebagian buruh bergerombol dan mengajak teman-teman mereka untuk tidak masuk kerja. Hari itu juga, Marsinah pergi ke kantor Depnaker Surabaya untukmencari data tentang daftar upah pokok minimum regional. Data inilah yang ingin Marsinah perlihatkan kepada pihak pengusaha sebagai penguat tuntutan pekerja yang hendak mogok.

Tanggal 4 Mei 1993 pukul 07.00 para buruh PT. CPS melakukan unjuk rasa dengan mengajukan 12 tuntutan. Seluruh buruh dari ketiga shift serentak masuk pagi dan mereka bersama-sama memaksa untuk diperbolehkan masuk ke dalam pabrik. Satpam yang menjaga pabrik menghalang-halangi para buruh shift II dan shift III. Tidak ketinggalan, para satpam juga mengibas-ibaskan tongkat pemukul serta merobek poster dan spanduk para pengunjuk rasa sambil meneriakan tuduhan PKI kepada para pengunjuk rasa.

Yah, itu tadi sekilas tentang Tokoh - Tokoh Revolusioner Indonesia yang sejarah hidupnya seakan hilang dari sejarah, bila ingin mengenal lebih lanjut siapa itu Tan Malaka dan kenapa Marsinah dibunuh? bisa membaca artikel dibawah

Baca juga:

Terima kasih sudah membaca semoga apa yang kita baca hari ini bisa bermanfaat bagi kita semua, sebelum meninggalkan blogger joeshapictures sebaiknya di share dulu, apa yang kita dapat hari ini ada baiknya jika kita membagikan pengetahuan kepada orang lain. Sampai jumpa di artikel selanjutnya . . .

Monday, October 30, 2017

Tutorial Registrasi Kartu Terkomsel Prabayar Kebijakan KOMINFO

Tutorial Registrasi Kartu Terkomsel Prabayar Kebijakan KOMINFO
Tutorial Registrasi Kartu Terkomsel Prabayar Kebijakan KOMINFO


Hello good millennial, jumpa lagi di blogger joeshapictures tema hari ini adalah tentang "Tutorial Registrasi Kartu Terkomsel Prabayar Kebijakan KOMINFO" penasaran, yuk kita baca !

Pemerintah kembali mewajibkan pemilik kartu seluler prabayar untuk melakukan registrasi ulang kartu. Sampai dengan tanggal 31 Oktober seluruh Nomor Handphone Wajib Telah Melakukan Registrasi Ulang Jika lewat dari tanggal tersebut belum melakukan registrasi ulang maka

berikut dampaknya:
  • Tidak bisa melakukan panggilan
  • Perlima belas hari kemudian tidak bisa menerima telpon dan sms
  • Langkah terahir KOMINFO jika masih membandel belum registrasi ulang nomor Anda akan di blokir.


Kebijakan baru KOMINFO:

Setiap operator jaringan hanya boleh memiliki tiga nomor di operator yang sama. Daripada berurusan nantinya, mending sedari sekarang kita lakukan registrasi ulang. Cara ini untuk semua operator jaringan

Catatan Penting:
  • Informasi NIK di KTP dan Nomor KK harus benar agar validasinya sesuai database Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri.
  • Bagi yang belum punya e-KTP, NIK resmi bisa dilihat di KK.
  • 1 NIK berlaku untuk 3 nomor kartu SIM
  • Jika punya kartu SIM ke-4 dan seterusnya, registrasi harus dilakukan di gerai masing-masing operator seluler.
  • Pendaftaran Karti SIM untuk Warga Negara Asing dilakukan di gerai dengan membawa paspor/KITAS/KITAP
  • Jika registrasi gagal walau data NIK dan KK benar, pelanggan wajib membawSurat Pernyataaan


Kartu SIM diblokir jika tidak daftar ulang

Sebelum diblokir permanen, akan dilakukan pemblokiran bertahap:
  • 30 hari pertama Blokir panggilan keluar dan SMS keluar.
  • 15 hari berikutnya Blokir panggilan masuk dan SMS masuk.
  • 15 hari seterusnya Blokir layanan data (Internet)

Ketik:
ULANG#NO NIK#NO KK# kirim ke 4444

Tutorial Registrasi Kartu Terkomsel Prabayar Kebijakan KOMINFO
Screenshot Pendaftaran (Ketik NIK lalu KK)

Tutorial Registrasi Kartu Terkomsel Prabayar Kebijakan KOMINFO
Screenshot balasan ketika registrasi anda gagal

Tutorial Registrasi Kartu Terkomsel Prabayar Kebijakan KOMINFO
Screenshot balasan ketika registrasi anda berhasil
Selamat mencoba jangan lupa Kabari ayah, bunda, sanak saudara jangan sampai tiba-tiba nomor mereka diblokir.

Terima kasih sudah membaca semoga apa yang kita baca hari ini bisa bermanfaat bagi kita semua, sebelum meninggalkan blogger joeshapictures sebaiknya di share dulu, apa yang kita dapat hari ini ada baiknya jika kita membagikan pengetahuan kepada orang lain. Sampai jumpa di artikel selanjutnya . . .

*sumber : KOMINFO

Saturday, October 14, 2017

ANDROID (Pengertian, Sejarah, Perkembangan Besrta PPT)

Hello good millennial, jumpa lagi di blogger joeshapictures tema hari ini adalah tentang "ANDROID (Pengertian, Sejarah, Perkembangan Besrta PPT)" penasaran, yuk kita baca !

Android adalah sebuah sistem operasi untuk perangkat mobile yang mencakup sistem operasi, middleware dan aplikasi yang berbasis linux. *( wikipedia )

ANDROID (Pengertian, Sejarah, Perkembangan Besrta PPT)
Android

Sejarah Android

Pada awal mulanya Android Inc, merupakan sebuah perusahaan software kecil yang didirikan pada bulan Oktober 2003 di Palo Alto, California, USA. Didirikan oleh senior di beberapa perusahaan yang berbasis IT & Communication; Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White. Menurut Rubin, Android Inc didirikan untuk mewujudkan mobile device yang lebih peka terhadap lokasi dan preferensi pemilik. Dengan kata lain, Android Inc, ingin mewujudkan mobile device yang lebih mengerti pemiliknya
ANDROID (Pengertian, Sejarah, Perkembangan Besrta PPT)
Para Pendiri Android
Awal tujuan dari pengembangan system operasi android tidak lain adalah untuk mengembangkan sebuah sistem operasi berkelas tinggi yang ditujukan untuk kamera digital. Tidak lama kemudian mereka menyadari bahwa lingkungan pemasaran untuk kamera digital tidak terlalu besar dan luas.
Setelah itu mereka berfikir untuk melakukan pengembangan system operasi android pada perangkat yang pemasarannya cukup besar dan luas dan itu ditujukan pada smartphone

Pada tanggal 17 Agustus 2005, Google membeli dan memberikan dukungannya secara resmi kepada android dimana hal itu tentunya menjadikan android sebagai anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Google. Di perusahaan Google ini, tim yang dipimpin oleh Andy Rubin mulai melakukan pengembangan platform gadget dengan memanfaatkan kernel Linux.

Setelah itu, Google memasarkan platform tersebut kepada produsen gadget dan operator nirkabel, dengan janji bahwa mereka akan senantiasa menyediakan sistem yang fleksibel dan bisa diperbaharui. Sejarah Dan Perkembangan Sistem Operasi Android ini selalu mengalami perkembangan dan pembaharuan. Hal itu terbukti pada tanggal 5 November 2007 dimana Open Handset Alliance (OHA) didirikan. Tujuan daripada didirikannya OHA tidak lain adalah untuk melakukan pengembangkan standar terbuka bagi perangkat seluler/gadget.

Ketika itu Android diresmikan sebagai produk pertama dengan memanfaatkan sebuah platform berbasis kernel Linux versi 2.6. Telepon seluler komersial pertama yang menggunakan sistem operasi Android adalah HTC Dream, yang diluncurkan pada 22 Oktober 2008. Sejak tahun 2008 tersebut, android secara perlahan dan bertahap melakukan berbagai pembaharuan dan pengembangan guna meningkatkan kinerja sistem operasi, menciptakan berbagai fitur baru, dan melakukan penyempurnaan serta perbaikan pada bug yang terdapat pada versi sebelumnya.

Perlu diketahui bahwa pemberian nama pada berbagai versi utama android ini diberikan menurut urutan alphabet dan keseluruhannya merupakan nama makanan pencuci mulut yang mengandung gula.

ANDROID (Pengertian, Sejarah, Perkembangan Besrta PPT)
Perkembangan Android Dari Masa ke Masa


Perkembangan Android

Android versi 1.0 Astro
Pertama kali dirilis pada 23 Spetember 2008. Sebenarnya Android versi pertama ini akan dinamai dengan nama “Astro” tapi karena alasan hak cipta dan trademark nama ”Astro” tidak jadi disematkan pada versi pertama dari OS Android ini. HTC Dream adalah ponsel pertama yang menggunakan OS ini.

Android versi 1.1 Bender
Android versi 1.1 merupakan Android awal yang dimana versi ini baru memberikan sentuhan dibeberapa aplikasinya seperti sistem antar muka bagi pengguna (userinterface) yang lebih baik, serta beberapa aplikasi yang lain. Versi Android kedua ini juga mengalami masalah penamaan yang sama dengan versi pertamanya. Pada awalnya Android ini akan diberi nama “Bender” akan tetapi karena alasan melanggar trademark, nama “Bender” tidak jadi disematkan pada versi Android ini. Awalnya versi OS Android ini dirilis untuk perangkat T-Mobile G1 saja. Versi ini merupakan update untuk memperbaiki beberapa bugs, mengganti API dan menambahkan beberapa fitur.

Android versi 1.5 Cupcake
Pada bulan Mei 2009 Android kembali mengalami perubahan versi.
Kali ini Android menggunakan penamaan nama makanan pencuci mulut (dessert) mulai digunakan, karena ini merupakan versi yang ketiga maka penamaan diawali dengan huruf “C” dan jadilah “Cupcake” menjadi nama resmi dari versi OS Android ketiga ini. Perubahan yang terjadi pada sistem operasi Android Cupcake bisa dibilang cukup banyak.

Diantaranya adalah sistem fasilitas : 
  • mengunggah video ke Youtube. 
  • Aplikasi headset nirkabel Bluetooth. 
  • Tampilan keyboard dilayar,
  • Serta tampilan gambar bergerak yang lebih atraktif.
OS ini berbasiskan pada kernel Linux 2.6.27 dan menambahkan beberapa update serta UI baru dari versi Android sebelumnya. Mulai terdapat “widget” yang dapat dibesar kecilkan. Kemudian ditambah kemampuan untuk meng-upload video dan gambar ke Youtube dan Picasa.

Android versi 1.6 Donut
Donut (versi 1.6) diluncurkan dalam tempo kurang dari 4 bulan semenjak peluncuran perdana Android Cupcake, yaitu pada bulan September 2009. Android versi Donut memiliki beberapa fitur yang lebih baik dibanding dengan pendahulunya : 
  • Pencarian dan UI yang lebih user friendly.
  • Sudah mendukung teknologi CDMA/EVDO, 802.1x, VPNs.
  • Support layar dengan resolusi WVGA.

Android versi 2.0/2.1 Eclair
Masih ditahun yang sama, Android kembali merilis operating sistem versi terbarunya, yaitu Android versi 2.0/2.1 Eclair. Android Eclair diluncurkan oleh Google 3 bulan setelah peluncuran Android versi 1.6. Dengan meluncurkan 4 versi ditahun yang sama, akhirnya begitu banyak perusahaan pengembang gadget atau handset yang mulai tertarik untuk menggunakan dan mengembangkan Android sebagai platform utama yang digunakan untuk sistem operasi terbaru mereka. Inilah dimana era kebangkitan Android yang sempat mendobrak doktrin penggunaan sistem layar yang awalnya dipandang kurang user friendly bagi pengguna.

Terjadi penambahan fitur untuk pengoptimalan hardware :
  • Peningkatan Google Maps 3.1.2.
  • Perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5.
  • Daftar kontak yang baru. 
  • Dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.
  • Beberapa versi updatenya antara Android v.2.0 kemudian v2.0.2 dan terakhir v.2.1.

Android versi 2.2 Froyo/Frozen Yoghurt
Butuh 5 bulan bagi Google untuk melakukan regenerasi dari Android Eclair versi sebelumnya ke versi Froyo Frozen Yoghurt.
Pada tanggal 20 Mei 2010, Android versi 2.2 alias Android Froyo ini dirilis pertamakali pada smartphone Google Nexus One. Sistem operasi dengan julukan Froyo ini melakukan beberapa update dan juga pembenahan seputar :
  • Aplikasi serta tampilannya.
  • Membuat slot Micro SD berkapasitas besar. 
  • Support terhadap Adobe Flash Player 10.1. 
  • Peningkatan pada kecepatan membuka dan menutup aplikasi.

Android versi 2.3 Gingerbread
7 bulan kemudian Android kembali melakukan gebrakan dengan merilis kembali Android versi 2.3 atau yang dikenal sebagai Android Gingerbread.
Terdapat beberapa fitur yang di perbaharui pada versi 2.3 ini :
  • Dari segi tampilan Gingerbread jauh lebih atraktif dan sudah mampu mendukung fitur dual kamera untuk melakukan video call.
  • Kemampuan untuk meningkatkan mutu aplikasi-aplikasi permainan berbasis mobile android.
  • Serta mulai digunakannya Near Field Communication (NFC).
  • Perbaikan terhadap dukungan layar resolusi WXGA dan diatasnya.
  • Beberapa versi update yang dirilis antara lain v.2.3.3 hingga v.2.3.7.

Android versi 3.0/3.1 Honeycomb
Pada bulan Mei 2011 Android versi 3.0/3.1 atau Android Honeycom dirilis dan Motorola Xoom adalah yang pertama kali menggunakannya. Android versi ini merupakan OS yang didesain khusus untuk pengoptimalan pengunaan pada penggunaan tablet berbasis Android. Halaman pengguna (user interface) yang digunakan pada Android versi ini juga sangat berbeda dengan yang digunakan pada smartphone Android. Hal tersebut tentu saja disebabkan oleh tampilan layar yang lebih besar pada tablet serta untuk mendukung penggunaan hardware dengan spesifikasi yang lebih tinggi yang digunakan pada perangkat tersebut.

Android versi 4.0 ICS: Ice Cream Sandwich
Android ICS atau Ice Cream Sandwich juga dirilis pada tahun yang sama dengan Honeycomb, yaitu pada bulan Oktober 2011. Begitu banyak fitur-fitur terbaru yang disematkan pada sistem operasi ini, antara lain yaitu fitur yang memaksimalkan fotografi, grafis dan resolusi gambar, kualitas video, sistem pengenal wajah dan masih banyak lagi lainnya.

Android versi 4.1 Jelly Bean
Android Jelly Bean merupakan versi Android yang terbaru pada saat ini. Salah satu gadget yang menggunakan sistem operasi Jelly Bean adalah Google Nexus 7 yang diprakarsai oleh ASUS, vendor asal Taiwan yang juga menjadi teman satu kampung halaman dengan Acer. Fitur terbaru dari sistem operasi Android Jelly Bean ini salah satunya adalah peningkatan kemampuan on-screen keyboard yang lebih cepat serta lebih responsif, dan beberapa fiture keren lainnya.

Android versi 4.4 KitKat
Kehadiran android kitkat merupakan pelucuran produk OS anyar yang dilucurkan pada 4 september 2013, sebelumnya banyak kabar beredar jikalau android akan meluncurkan OS baru yang bernama Android Key Lime Pie namun setelah di analalisa tidak sesuai dengan ejaan orang umum, sehingga namanya diganti dengan OS Android KitKat yang sebagian besar orang sudah familiar dengan itu seperti yang dilangsing BBC dalam wawancaranya dengan John Lagerling selaku perwakilan dari google.

Android versi 5.0 Lollipop
Di Android versi L yang katanya merupakan ‘Lollipop’, Google lebih memfokuskan pada sisi desain dan performa. Dari segi performa, Android L sudah mensupport prosesor 64 bit dan juga Android L memiliki runtime, grafis dan daya tahan baterai yang lebih baik dibanding Android versi sebelumnya. Sebagai catatan bahwa dalam jangka waktu 3 tahun ini Google hanya menerbitkan versi Android baru dengan perubahan kecil saja, yaitu pada Android Ice Cream Sandwich hingga Android Kitkat. Sedangkan pada Android L ini Google akan melakukan perubahan besar yang di dalamnya terdapat berbagai macam fitur-fitur baru. Kita nantikan saja kemunculan Android L ini, yang katanya akan dilaunching pada akhir 2014 ini.

Android versi 6.0 dan 6.0.1 Marshmallow
Merupakan pemutakhiran yang akan datang untuk sistem operasi telepon genggam Android, kemungkinan besar akan dirilis pada Q3 2015 ("sementara dijadwalkan untuk September"), Dengan pratayang ketiga dan terakhir dirilis pada tanggal 17 Agustus 2015. Pertama diperkenalkan di Google I/O pada tanggal 28 Mei 2015, Marshmallow terutama akan berfokus pada perbaikan inkremental dan penambahan fitur lainnya.

Android versi 7.0, 7.1, 7.1.1, 7.1.2 Nougat
Android 7 adalah pengganti dari Android Marshmallow, dan merupakan versi Android kedua terbaru yang telah dirilis. Versi ini diumumkan pada tanggal 1 Juli 2016, dan diluncurkan pada 23 Agustus 2016. Android Nougat memiliki fitur dan spesifikasi berupa vulkan, pemberitahuan yang bentuknya telah diperbarui dengan beberapa aplikasi Google dan layar pisah serta mendukung beberapa bahasa dan Doze on the Go

Android versi 8.0 Oreo
(dengan kode nama Android O selama pengembangan) adalah versi kedelapan dari sistem operasi Android mobile. Ini pertama kali dirilis sebagai preview pengembang ala kualitas pada tanggal 21 Maret 2017 dan akhirnya dirilis ke publik pada tanggal 21 Agustus 2017. Ponsel pertama yang diluncurkan bersama Oreo adalah Sony XZ1. Google meluncurkan sebuah patung pembaruan bertema makanan penutup di 14th Street Park di Manhattan, dekat dengan pabrik Nabisco asli yang menciptakan Oreo pertama. Sony Xperia XZ1 adalah perangkat pertama yang tersedia dengan Oreo yang telah terpasang sebelumnya.

Kelebihan dan Kekurangan Android

Kelebihan Android
  • System operasi bersifat open source, Memungkinkan pengguna untuk membuat softare sendiri
  • Memiliki banyak aplikasi software maupun aplikasi mulai dari berbayar dan gratis 
  • Tampilan terlihat lebih elegant 
  • Bersifat multitasking, yaitu dapat menjalankan berbagai aplikasi dalam waktu bersamaan
Kekurangan Android
  • Baterai yang cepat habis, salah satu penyebab baterai cepat habis itu penggunaan multitasking 
  • Pengoperasian sedikit lebih sulit dibandingkan handphone lain 
  • Koneksi internet yang mahal, memang pada saat browsing lebih cepat dan tidak ada hambatan, namun biaya internet pun lebih mahal sesuai dengan kecepatannya 
  • Harus selalu terhubung ke internet untuk mengakses fitur fitur

Terima kasih sudah membaca semoga apa yang kita baca hari ini bisa bermanfaat bagi kita semua, sebelum meninggalkan blogger joeshapictures sebaiknya di share dulu, apa yang kita dapat hari ini ada baiknya jika kita membagikan pengetahuan kepada orang lain. Sampai jumpa di artikel selanjutnya . . .

Download File PPT

Tuesday, October 10, 2017

Peran Agama Dalam Kehidupan Modern | Akademi Komunitas (POLTEK) Negeri Boojonegoro

Hello good millennial, jumpa lagi di blogger joeshapictures tema hari ini adalah tentang "Peran Agama Dalam Kehidupan Modern | Akademi Komunitas (POLTEK) Negeri Boojonegoro" penasaran, yuk kita baca !

Berbicara tentang agama memerlukan suatu sikap ekstra hati-hati. Sebab agama merupakan persoalan social, tetapi penghayatannya amat bersifat individual. Apa yang dipahami dan apa ang dihayati sebagai agama oleh seseoarang amat banyak tergantung pada keseluruhan latar  belakang dan kepribadiaannya. Hal itu senantiasa membuat terdapat perbedaan tekanan penghayatan dari satu orang ke orang lain dan membuat agama menjadi bagian yang amat mendalam dari kepribadian atau privacy seseorang. Maka dari itu agama senantiasa bersangkutan dengan kepekaan emosional. Sekalipun begitu, masih terdapat kemungkinan untuk membicarakan agama sebagai sesuatu yang umum dan objektif. 

Peran Agama Dalam Kehidupan Modern | Akademi Komunitas (POLTEK) Negeri Boojonegoro
Peranan Agama Dalam Kehidupan Modern

Modernisasi adalah proses gerakan perubahan individu dari cara hidup yang bersifat tradisional atau yang bersifat lama menuju cara hidup yang baru atau yang maju dan bersifat kompleks dan pada arah kemajuan. Adanya proses modernisasi ini melahirkan modernisasi ekonomi, modernisasi sosial. Modernisasi ekonomi penekannya adalah pada perkembangan akan kemajuan ekonomi, kemajuan ekonomi ini ditandai oleh tingginya tingkat konsumsi dan standar hidup, revolusi teknologi, intensitas modal yang semakin besar dan organisasi birokrasi yang rasional. 

Kemudian modernisasi sosial, modernisasi sosial ini menekankan pada perubahan dalam kehidupan masyarakat, pola-pola kelembagaan dan peranan status dalam struktur sosial masyarakatnya. Selain itu juga modernisasi sosial ini perhatiannya pada perubahan sosial terencana, sekularisme, perubahan sikap dan tingkah laku, pengeluaran dalam pendidikan umum, adanya revolusi pengetahuan, hubungan sosial kemudian diferensiasi struktural fungsional. Di zaman modern telah muncul istilah globalisasi. Globalisasi adalah penyebaran perkembangan kehidupan ke seluruh kawasan yang ditandai dengan adanya hubungan antar bangsa ataupun antar negara yang meliputi berbagai aspek kehidupan.

Sebagian besar permasalahan sekarang adalah bahwa umat islam berada dalam kehidupan modern yang serba mudah, serba bisa bahkan cenderung serba boleh. Setiap detik dalam kehidupan umat islam selalu berhadapan dengan hal-hal yang dilarang agamanya akan tetapi sangat menarik naluri kemanusiaanya, ditambah lagi kondisi religius yang kurang mendukung.

Agama dan Masyarakat Modern

Hubungan religiusitas dan modernisasi (industrialisasi) merupakan persoalan rumit yang banyak menimbulkan kontroversi, khususnya di kalangan ilmuwan sosial. Suatu ungkapan yang hampir menjadi stereotip dalam percakapan sehari-hari menggambarkan seolah-olah agama merupakan hambatan terhadap proses modernisasi dan industrialisasi. Meskipun pada beberapa kasus mungkin asumsi itu benar, misalnya ada agama yang menentang program Keluarga Berencana (KB) padahal menurut para ahli mutlak diperlukan di negara-negara berkembang. Tetapi generalisasi bahwa agama merupakan rintangan modernisasi dan industrialisasi tidak dapat dibenarkan.

Dengan adanya hubungan yang dinamis antara agama dan modernitas, maka diperlukan upaya untuk menyeimbangkan pemahaman orang terhadap agama dan modernitas. Pemahaman orang terhadap agama akan melahirkan sikap keimananan dan ketaqwaan (Imtaq), sedang penguasaan orang terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) di era modernisasi dan industrialisasi mutlak diperlukan. Dengan demikian sesungguhnya yang diperlukan di era modern ini tidak lain adalah penguasaan terhadap Imtaq dan Iptek sekaligus. Salah satu usaha untuk merealisasikan pemahaman Imtaq dan penguasaan Iptek sekaligus adalah melalui jalur pendidikan. Dalam konteks inilah pendidikan sebagai sebuah sistem harus didesain sedemikian rupa guna memproduk manusia yang seutuhnya. Yakni manusia yang tidak hanya menguasai Iptek melainkan juga mampu memahami ajaran agama sekaligus mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Peran Agama dalam Masyarakat Modern

Peran agama di dalam perkembangan masyarakat 
  • agama sebagai motivator, agama di sini adalah sebagai penyemangat seseorang maupun kelompok dalam mencapai cita-citanya di dalam seluruh aspek kehidupan. 
  • agama sebagai creator dan inovator, mendorong semangat untuk bekerja kreatif dan produktif untuk membangun kehidupan dunia yang lebih baik dan kehidupan akhirat yang lebih baik pula. 
  • agama sebagai integrator, di sini agama sebagai yang mengintegrasikan dan menyerasikan segenap aktivitas manusia, baik sebagai orang-seorang maupun sebagai anggota masyarakat. 
  • agama sebagai sublimator, masksudnya adalah agama sebagai mengadukan dan mengkuduskan segala perbuatan manusia. 
  • Agama sebagai sumber inspirasi budaya bangsa, khususnya Indonesia.


Peran Iman dan Takwa dalam Menjawab Problema dan Tantangan Kehidupan Modern

  • Iman melenyapkan kepercayaan pada kekuasaan benda
  • Iman menanamkan semangat berani menghadapi maut
  • Iman menanamkan sikap self help dalam kehidupan
  • Iman memberikan ketenangan jiwa
  • Iman memberikan kehidupan yang baik
  • Iman melahirkan sikap ikhlas dan konsekuen
  • Iman memberikan keberuntungan
  • Iman mencegah penyakit


Perubahan Kehidupan Masyarakat Islam Indonesia Akibat Modernisasi

Perubahan masyarakat Islam Indonesia yang positif
  • Ilmu pengetahuan dalam kehidupan masyarakat semakin mendukung perkembangan dunia Islam. Masyarakat Islam tidak hanya mengetahui ilmu agam tetapi juga mengetahui ilmu umum
  • Dengan adanya modernisasi umat Islam mampu mengaplikasikan ajaran Islam dala konsep ilmu umum.
  • Dengan adanya teknologi sebagai salah satu produk modernisasi, masyarakat islam Indonesia bisa dengan mudah memperluas dakwahnya lewat media dan juga memperluas jaringannya.

Perubahan masyarakat Islam Indonesia yang negatif
  • Moralitas semakin menurun
  •  Ketergantungan terhadap teknologi
  • Lebih mengutamakan duniawi dari pda ukhrowi
  • Hubungan silaturrahni secar face to face manurun


Simpulan

1) Peran agama pada masa modern dirasakan masih sangat penting, bahkan menunjukkan gejala peningkatan. Fenomena kebangkitan agama di antaranya dapat diamati dari maraknya kegiatan-kegiatan keagamaan dan larisnya buku-buku agama. Fenomena ini setidaknya dipengaruhi oleh beberapa hal seperti adanya kesadaran providensi setiap individu, ketidakberhasilan modernisasi dan industrialisasi dalam mewujudkan kehidupan yang lebih bermakna. Di samping itu, kegagalan organized religions dalam mewujudkan agama yang bercorak humanistik, juga disinyalir turut mendorong praktik spiritualitas era modern.

2) Agama tetap akan memegang peranan penting di masa mendatang, terutama dalam memberikan landasan moral bagi perkembangan sains dan teknologi. Dalam kaitan ini perlu ditekankan pentingnya usaha mengharmoniskan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) dengan agama (Imtaq). Iptek harus selalu dilandasi oleh nilai-nilai moral-agama agara tidak bersifat destruktif terhadap nilai-nilai kemanusiaan (dehumanisasi). Sedangkan ajaran agama harus didekatkan dengan konteks modernitas, sehingga dapat bersifat kompatibel dengan segala waktu dan tempat.

3) Pada dasarnya dalam kehidupan modern, kita sebagai manusia tidak bisa terlepas dari iman dan taqwa. Karena dengan kita beriman dan bertaqwa, kita dapat mencegah dan menyelamatkan diri dari hal-hal yang menyesatkan atau dari segala sesuatu yang tidak baik. Selain itu, kita juga dapat menentukan apakah modernisasi tersebut dianggap sebagai suatu kemajuan atau tidak, dipandang bermanfaat atau tidak, diperlukan atau sebaliknya perlu dihindari.

Terima kasih sudah membaca semoga apa yang kita baca hari ini bisa bermanfaat bagi kita semua, sebelum meninggalkan blogger joeshapictures sebaiknya di share dulu, apa yang kita dapat hari ini ada baiknya jika kita membagikan pengetahuan kepada orang lain. Sampai jumpa di artikel selanjutnya . . .

*Kunjungi website AKN Bojonegoro

Makna Kerukunan Antar Umat Beragama

Hello good millennial, jumpa lagi di blogger joeshapictures tema hari ini adalah tentang "Makna Kerukunan Antar Umat Beragama" penasaran, yuk kita baca !

Indonesia adalah salah satu negara yang menerapkan masyarakatnya untuk hidup rukun. Sebab kerukunan merupakan salah satu pilar penting dalam memelihara persatuan rakyat dan bangsa Indonesia. Tanpa terwujudnya kerukunan diantara berbagai suku, Agama, Ras dan antar Golongan bangsa Indonesia akan mudah terancam oleh perpecahan dengan segala akibatnya yang tidak diinginkan.

Makna Kerukunan Antar Umat Beragama
bhineka tunggal ika
Kerukunan dapat diartikan sebagai kondisi hidup dan kehidupan yang mencerminkan suasana damai, tertib, tentram, sejahtera, hormat menghormati, harga menghargai, tenggang rasa, gotong royong sesuai dengan ajaran agama dan kepribadian pancasila.

Agama secara umum merupakan suatu kepercayaan atau keyakinan yang dianut oleh masyarakat menjadi norma dan nilai yang diyakini dan dipercaya. Agama diakui sebagai seperangkat aturan yang mengatur keberadaan manusia di dunia.

Seputar Pengertian Agama 

Kerukunan hidup umat beragama di Indonesia dipolakan dalam Trilogi Kerukunan yaitu:
  • Kerukunan intern masing-masing umat dalam satu agama Ialah kerukunan di antara aliran-aliran / paham-paham /mazhab-mazhab yang ada dalam suatu umat atau komunitas agama.
  • Kerukunan di antara umat / komunitas agama yang berbeda-beda Ialah kerukunan di antara para pemeluk agama-agama yang berbeda-beda yaitu di antara pemeluk islam dengan pemeluk Kristen Protestan, Katolik, Hindu, dan Budha.
  • Kerukunan antar umat / komunitas agama dengan pemerintah Ialah supaya diupayakan keserasian dan keselarasan di antara para pemeluk atau pejabat agama dengan para pejabat  pemerintah  dengan  saling  memahami  dan menghargai  tugas  masing-masing  dalam  rangka membangun masyarakat dan bangsa Indonesia yang beragama. Dengan demikian kerukunan merupakan jalan hidup manusia yang memiliki bagian-bagian dan tujuan tertentu yang harus dijaga bersama-sama, saling tolong menolong, toleransi, tidak saling bermusuhan, saling menjaga satu sama lain.
  • Kerukunan antar umat beragama dapat dikatakan sebagai suatu kondisi sosial dimana semua golongan agama bisa hidup berdampingan bersama-sama tanpa mengurangi hak dasar masing-masing untuk melaksanakan kewajiban agamanya.
  • Kerukunan  antar  agama  yang  dimaksudkan  ialah mengupayakan agar terciptanya suatu keadaan yang tidak ada pertentangan intern dalam masing-masing umat beragama, antar golongan-golongan agama yang berbeda satu sama lain, antara pemeluk agama yang satu dengan pemeluk agama yang lainnya, antara umat-umat beragama dengan pemerintah.

Kerukunan

Kerukunan adalah istilah yang dipenuhi oleh muatan makna “baik” dan “damai”. Intinya, hidup bersama dalam masyarakat dengan “kesatuan hati” dan “bersepakat” untuk tidak menciptakan perselisihan dan pertengkaran Bila pemaknaan tersebut dijadikan pegangan, maka “kerukunan” adalah sesuatu yang ideal dan didambakan oleh masyarakat manusia. Namun apabila melihat kenyataan, ketika sejarah kehidupan manusia generasi pertama keturunan Adam yakni Qabil dan Habil yang berselisih dan bertengkar dan berakhir dengan terbunuhnya sang adik yaitu Habil; maka apakah dapat dikatakan bahwa masyarakat generasi pertama anak manusia bukan masyarakat yang rukun? 

Apakah perselisihan dan pertengkaran yang terjadi saat ini adalah mencontoh nenek moyang kita itu? 

Atau perselisihan dan pertengkaran memang sudah sehakekat dengan kehidupan manusia sehingga dambaan terhadap “kerukunan” itu ada karena “ketidakrukunan” itupun sudah menjadi kodrat dalam masyarakat manusia?.

Manusia ditakdirkan Allah Sebagai makhluk social yang membutuhkan hubungan dan interaksi sosial dengan sesama manusia. Sebagai makhluk social, manusia memerlukan kerja sama dengan orang lain dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, baik kebutuhan material maupun spiritual. Ajaran Islam menganjurkan manusia untuk bekerja sama dan tolong menolong (ta’awun) dengan sesama manusia dalam hal kebaikan. Dalam kehidupan sosial kemasyarakatan umat Islam dapat berhubungan dengan siapa saja tanpa batasan ras, bangsa, dan agama.

A. Kerja sama Antar umat beragama

Persaudaraan atau ukhuwah, merupakan salah satu ajaran yang mendapat perhatian penting dalam islam. Al-qur’an menyebutkan kata yang mengandung arti persaudaraan sebanyak 52 kali yang menyangkut berbagai persamaan, baik persamaan keturunan, keluarga, masyarakat, bangsa, dan agama. Ukhuwah yang islami dapat dibagi kedalam empat macam,yaitu :

Ukhuwah ’ubudiyah atau saudara sekemakhlukan dan kesetundukan kepada Allah.
Ukhuwah insaniyah (basyariyah), dalam arti seluruh umat manusia adalah bersaudara, karena semua berasal dari ayah dan ibu yang sama; Adam dan Hawa.

Ukhuwah wathaniyah wannasab, yaitu persaudaraan dalam keturunan dan kebangsaan.
Ukhuwwah fid din al islam, persaudaraan sesama muslim. Esensi dari persaudaraan terletak pada kasih sayang yang ditampilkan bentuk perhatian, kepedulian, hubungan yang akrab dan merasa senasib sepenanggungan. Nabi menggambarkan hubungan persaudaraan dalam haditsnya yang artinya ” Seorang mukmin dengan mukmin yang lain seperti satu tubuh, apabila salah satu anggota tubuh terluka, maka seluruh tubuh akan merasakan demamnya. Ukhuwwah adalah persaudaraan yang berintikan kebersamaan dan kesatuan antar sesama. Kebersamaan di akalangan muslim dikenal dengan istilah ukhuwwah Islamiyah atau persaudaraan yang diikat oleh kesamaan aqidah.

Persatuan dan kesatuan sebagai implementasi ajaran Islam dalam masyarakat merupakan salah satu prinsip ajaran Islam. Salah satu masalah yang di hadapi umat Islam sekarang ini adalah rendahnya rasa kesatuan dan persatuan sehingga kekuatan mereka menjadi lemah. Salah satu sebab rendahnya rasa persatuan dan kesatuan di kalangan umat Islam adalah karena randahnya penghayatan terhadap nilai-nilai Islam.

Persatuan di kalangan muslim tampaknya belum dapat diwujudkan secara nyata. Perbedaan kepentingan dan golongan seringkali menjadi sebab perpecahan umat. Perpecahan itu biasanya diawali dengan adanya perbedaan pandangan di kalangan muslim terhadap suatu fenomena. Dalam hal agama, di kalangan umat islam misalnya seringkali terjadi perbedaan pendapat atau penafsiran mengenal sesuatu hukum yang kemudian melahirkan berbagai pandangan atau madzhab. Perbedaan pendapat dan penafsiran pada dasarnya merupakan fenomena yang biasa dan manusiawi, karena itu menyikapi perbedaan pendapat itu adalah memahami berbagai penafsiran.

Untuk menghindari perpecahan di kalangan umat islam dan memantapkan ukhuwah islamiyah para ahli menetapkan tiga konsep,yaitu :

1. Konsep tanawwul al ’ibadah (keragaman cara beribadah).

Konsep ini mengakui adanya keragaman yang dipraktekkan Nabi dalam pengamalan agama yang mengantarkan kepada pengakuan akan kebenaran semua praktek keagamaan selama merujuk kepada Rasulullah. Keragaman cara beribadah merupakan hasil dari interpretasi terhadap perilaku Rasul yang ditemukan dalam riwayat (hadits).

2. Konsep al mukhtiu fi al ijtihadi lahu ajrun(yang salah dalam berijtihad pun mendapatkan ganjaran).

Konsep ini mengandung arti bahwa selama seseorang mengikuti pendapat seorang ulama, ia tidak akan berdosa, bahkan tetap diberi ganjaran oleh Allah , walaupun hasil ijtihad yang diamalkannya itu keliru. Di sini perlu dicatat bahwa wewenang untuk menentukan yang benar dan salah bukan manusia, melainkan Allah SWT yang baru akan kita ketahui di hari akhir. Kendati pun demikian, perlu pula diperhatikan orrang yang mengemukakan ijtihad maupun orang yang pendapatnya diikuti, haruslah orang yang memiliki otoritaskeilmuan yang disampaikannya setelah melalui ijtihad.

3. Konsep la hukma lillah qabla ijtihadi al mujtahid (Allah belum menetapkan suatu hukum sebelum upaya ijtihad dilakukan seorang mujtahid).

Konsep ini dapat kita pahami bahwa pada persoalan-persoalan yang belum ditetapkan hukumnya secara pasti, baik dalam al-quran maupun sunnah Rasul, maka Allah belum menetapkan hukumnya. Oleh karena itu umat islam,khususnya para mujtahid, dituntut untuk menetapkannya melalui ijtihad. Hasil dari ijtihad yang dilakukan itu merupakan hukum Allah bagi masing-masing mujtahid, walaupun hasil ijtihad itu berbeda-beda.

Ketiga konsep di atas memberikan pemahaman bahwa ajaran Islam mentolelir adanya perbedaan dalam pemahaman maupun pengalaman. Yang mutlak itu hanyalah Allah dan firman-fiman-Nya,sedangkan interpretasi terhadap firman-firman itu bersifat relatif. Karena itu sangat dimungkinkan untuk terjadi perbedaan. Perbedaan tidak harus melahirkan pertentangan dan permusuhan. Di sini konsep Islam tentang Islah diperankan untuk menyelesaikan pertentangan yang terjadi sehingga tidak menimbulkan permusuhan, dan apabila telah terjadi, maka islah diperankan untuk menghilangkannya dan menyatukan kembali orang atau kelompok yang saling bertentangan.

B. Kerja sama antar umat beragama

Memahami dan mengaplikasikan ajaran Islam dalam kehidupan masyarakat tidak selalu hanya dapat diharapkan dalam kalangan masyarakat muslim. Islam dapat diaplikasikan dalam masyarakat manapun, sebab secara esensial ia merupakan nilai yang bersifat universal. Kendatipun dapat dipahami bahwa Isalam yang hakiki hanya dirujukkan kepada konsep al-quran dan As-sunnah, tetapi dampak sosial yanag lahirdari pelaksanaan ajaran isalam secara konsekwen ddapat dirasakan oleh manusia secara keseluruhan.

Demikian pula pada tataran yang lebih luas, yaitu kehidupan antar bangsa,nilai-nilai ajaran Islam menjadi sangat relevan untuk dilaksanakan guna menyatukan umat manusia dalam suatu kesatuan kkebenaran dan keadilan. Dominasi salah satu etnis atau negara merupakan pengingkaran terhadap makna Islam, sebab ia hanya setia pada nilai kebenaran dan keadilan yang bersifat universal.

Universalisme Islam dapat dibuktikan anatara lain dari segi, dan sosiologo. Dari segi agama, ajaran Islam menunjukkan universalisme dengan doktrin monoteisme dan prinsip kesatuan alamnya. Selain itu tiap manusia, tanpa perbedaan diminta untuk bersama-sama menerima satu dogma yang sederhana dan dengan itu ia termasuk ke dalam suatu masyarakat yang homogin hanya denga tindakan yang sangat mudah ,yakni membaca syahadat. Jika ia tidak ingin masuk Islam, tidak ada paksaan dan dalam bidang sosial ia tetap diterima dan menikmati segala macam hak kecuali yang merugikan umat Islam.

Ditinjau dari segi sosiologi, universalisme Islam ditampakkan bahwa wahyu ditujukan kepada semua manusia agar mereka menganut agama islam, dan dalam tingkat yang lain ditujukan kepada umat Islam secara khususu untuk menunjukan peraturan-peraturan yang harus mereka ikuti. Karena itu maka pembentukan masyarakat yang terpisah merupakan suatu akibat wajar dari ajaran Al-Qur’an tanpa mengurangi universalisme Islam.

Melihat Universalisme Islam di atas tampak bahwa esensi ajaran Islam terletak pada penghargaan kepada kemanusiaan secara univarsal yang berpihak kepada kebenaran, kebaikan,dan keadilan dengan mengedepankan kedamaian.;menghindari pertentangan dan perselisian, baik ke dalam intern umat Islam maupun ke luar. Dengan demikian tampak bahwa nilai-nilai ajaran Islam menjadi dasar bagi hubungan antar umat manusia secara universal dengan tidak mengenal suku,bangsa dan agama.
Hubungan antara muslim dengan penganut agama lain tidak dilarang oleh syariat Islam, kecuali bekerja sama dalam persoalan aqidah dan ibadah. Kedua persoalan tersebut merupakan hak intern umat Islam yang tidak boleh dicamputi pihak lain, tetapi aspek sosial kemasyarakatan dapat bersatu dalam kerja samayang baik.

Kerja sama antar umat bergama merupakan bagian dari hubungan sosial anatar manusia yang tidak dilarang dalam ajaran Islam. Hubungan dan kerja sama ydalam bidang-bidang ekonomi, politik, maupun budaya tidak dilarang, bahkan dianjurkan sepanjang berada dalam ruang lingkup kebaikan.

Terima kasih sudah membaca semoga apa yang kita baca hari ini bisa bermanfaat bagi kita semua, sebelum meninggalkan blogger joeshapictures sebaiknya di share dulu, apa yang kita dapat hari ini ada baiknya jika kita membagikan pengetahuan kepada orang lain. Sampai jumpa di artikel selanjutnya . . .