Tuesday, May 2, 2017

Mengamalkan Kebersihan Sebagian Dari Iman

Kebersihan Sebagian Dari Iman

Hello good millennial, jumpa lagi di blogger joeshapictures tema hari ini adalah tentang "Mengamalkan Kebersihan Sebagian Dari Iman" penasaran, yuk kita baca !

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang istilah Kebersihan Sebagian dari Iman. Di dalam artikel ini kami mencoba menyampaikan informasi tentang istilah Kebersihan Sebagian dari Iman. Kami telah menyusun artikel kali ini dengan seksama. Harapannya melalui artikel ini kami mampu memahamkan anda tentang makna Kebersihan Sebagian dari Iman dengan baik.

Hadits Tentang Kebersihan


النَّظَافَةُ مِنَ الْإيْمَانِ

Kebersihan adalah Sebagian dari Iman

Hadis ini tercantum dalam kitab-kitab hadis. Al-‘Iraqi dalam takhrij Ahadits al-Ihya’ 1/73 menginformasikan hadis dengan lafadz semacam di atas diriwayatkan oleh Imam at-Thobrany dalam Al-Ausath dengan sanad yang dho’if jiddan (sanagt lemah) dari jalur periwayatan melalui Ibnu Mas’ud ra.

Adapun lafaz lain yang semakna dengan hadis tersebut adalah:

بني الدين على النظافة

Agama dibangun di atas kebersihan”.

Namun, Al-‘iraqy mengomentari: “Saya tidak mendapati dalam kitab-kitab hadis lafadz seperti itu”.

Iya memang bukan, Sebenarnya bukanlah hadits Nabi SAW, namun hanya sekedar peribahasa atau kata mutiara yang baik atau Islami.

Ringkasnya, jika ditinjau apakah ungkapan itu hadits Nabi SAW atau bukan, jawabnya bukan hadits Nabi SAW. Sebab tidak terdapat hadits berbunyi demikian dalam berbagai kitab hadits yang ada, sejauh pengetahuan kami. Namun kalau ditinjau apakah ungkapan itu Islami atau tidak, jawabnya Islami. Sebab ungkapan itu didukung oleh sebuah hadits hasan.

Lantas kenapa disaat habis solat entah itu idul fitri idul adha selalu banyak koran berserakan ?


Mengamalkan Kebersihan Sebagian Dari Iman
Membuang sampah tidak pada tempatnya

Mengamalkan Kebersihan Sebagian Dari Iman
Tidak tanggung jawab atas kebersihan jalan

Mengamalkan Kebersihan Sebagian Dari Iman
Tradisi Habis Solat Hari Raya

Jika kebersihan sebagian dari iman, lantas seberapa berimankah orang-orang yang membiarkan koran bekas ibadahnya berserakan di lapangan, di jalan, di pinghir taman? Iya, mungkin ada petugas kebersihan. Tapi, bukan berarti kita bisa seenaknya taruh koran di sembarang tempat. Ibaratkan gini Meski di rumahmu ada pembantu, kamu enggak buang-buang sampah di lantai, kan? Buat yang beralasan ngasih rezeki ke pemulung, kamu mau dikasih orang dengan cara disuruh ngambil dari lantai? Sebaiknya Lipat kembali atau mungkin buang di tempat sampah, bisa juga di bawa pulang... semoga bermanfaat dan tradisi koran berserakan hilang, Amin

"Selamat Hari Raya Idul Adha bagi saudara kita yang merayakan. Semoga kebahagiaan tidak membuatmu lupa bahwa kebaikan bisa dimulai dari hal terkecil "

Terima kasih sudah membaca semoga apa yang kita baca hari ini bisa bermanfaat bagi kita semua, sebelum meninggalkan blogger joeshapictures sebaiknya di share dulu, apa yang kita dapat hari ini ada baiknya jika kita membagikan pengetahuan kepada orang lain. Sampai jumpa di artikel selanjutnya . . .

0 komentar: