Monday, June 12, 2017

Pengertian WEB Design

Pengertian WEB Design
WEB Design

Hello good millennial, jumpa lagi di blogger joeshapictures tema hari ini adalah tentang "Pengertian WEB Design" penasaran, yuk kita baca !

Pengertian web design

  • Desaign web adalah seni dan proses dalam menciptakan halaman web tunggal atau keseluruhan dan bisa melibatkan estetika dan seluk beluk mekanis dari suatu operasi situs web walaupun yang utama memusatkan pada tampilan dan cita rasa.Sedangakan aspek yang mencangkup pada design web antara lain menciptakan animasi dan grafik,pemilihan warna ,grafik dan font.
  • Web Design adalah proses membuat suatu website, ini meliputi beberapa aspek yang berbeda, diantaranya : tata letak halaman website, konten, dan desain grafis.Selain web design kita juga sering mendengarkan istilah web development. Secara teknis dapat dikatakan web design merupakan bagian dari web development.

Dalam pendekatan klasik, desain menggambarkan tampilan visual dari sebuah website, sedangkan dalam pendekatan tradisional sebaliknya, mewarnai, keseimbangan, penekanan, irama, gaya elemen grafis (garis, bentuk, tekstur, warna dalam dan arah), penggunaan ikon, tekstur latar belakang dan tampilan umum sebuah website secara keseluruhan. Semua elemen ini dikombinasikan dengan prinsip-prinsip dasar desain dalam rangka menciptakan hasil yang luar biasa untuk pembuatan sebuah website.

Website dibuat dengan menggunakan bahasa markup yang disebut HTML. Desainer web membangun halaman web menggunakan tag HTML yang menentukan isi dan metadata dari setiap halaman. Tata letak dan penampilan dari unsur-unsur dalam sebuah halaman web biasanya didefinisikan dengan menggunakan CSS (Cascading Style Sheet). Oleh karena itu, sebagian website mencakup kombinasi HTML dan CSS yang mendefinisikan bagaimana setiap halaman web akan muncul dalam browser.

Beberapa web designer memilih membuat coding HTML dan CSS dari awal, sementara yang lain menggunakan "WYSIWYG" editor seperti Adobe Dreamweaver. Jenis editor ini menyediakan antarmuka visual untuk merancang tata letak halaman web dan perangkat lunak yang secara otomatis menghasilkan coding HTML dan CSS yang sesuai. Cara lain yang lebih populer untuk desain website adalah dengan sistem manajemen konten seperti wordpress dan joomla. Layanan ini menyediakan template website yang berbeda yang dapat digunakan sebagai titik awal pembuatan website. Webmaster dapat menambahkan konten dan menyesuaikan tata letak menggunakan antarmuka berbasis web.

Biasanya HTML dan CSS digunakan untuk membuat tampilan sebuah website supaya kelihatan bagus dan menarik, gambar juga disertakan secara terpisah. Itulah mengapa desain grafis selalu bersingungan dengan desain website, Sejak graphic designer sering membuat gambar untuk digunakan di website. Beberapa aplikasi graphis seperti Adobe Photoshop mempunyai menu pilihan seperti "save for web" yang nenyediakan cara paling mudah untuk ekspor gambar dalam bentuk format yagn paling optimal untuk pemakaian di website.

Fungsi situs web

Sebelum mendesign , sebaiknya kita mngetahui dan memahami beberapa fungsi situs web agar design yang dibuat sesuai dengan fungsi situs web.Secara umum fungsi situs web adalah sebagai berikut:

Fungsi Komunikasi
Situs web tang berfungsi sebagai komunikasi pada umumnya adalah web dinamis.Karena dibuat menggunakan pemrograman web(server side)maka dilengkapi dengan fasilitas yang memberikan fungsi-fungsi komunikasi seperti web mail ,formanthec,chatting,forum dll.

Fungsi Informasi
Menekankan pada kualitas konten,karena tujuan situs ini mnyampaikan isinya. Sebaiknya berisi teks dan grafik Fasilitas yang memberikan fungsi informasi,news,file,company,library,prefences dll

Fungsi Entertaiment
Sebagai sarana hiburan/penggunaan animasi gambar dan element bergerak dapat meningkatkan mutu persentasi design,meski tetap harus mempertimbangkan kecepatan downloadnya.
Contoh fungsi Entertaiment: game online,film online,music online dll.

Fungsi Transaksi
Situs web dapat dijadikan transaksi bisnis baik barang jasa,dll.situs web menghubungkan perusahaan konsumen dan komunitas tertentu melalui sarana elektronik.Pembayarannya bisa memudahkan kartu kredit,transfer atauupun membayar langsung.

Cara kerja Web

  • Browser web mengambil sebuah informasi berupa requst yang berisi alamat web/page address.
  • Web server memberikan feedback berupa perintah response untuk setiap request yang dilanjutkan dengan memberikan informasi yang diminta oleh web browser.
  • Kemudian Browser web menampilkan informasi yang elah diterima dari server web yang disimpan dalam sebuah dokumen web formatnya berupa HTTP.


Web terdiri dari 4 bagian :

1. HTTP(Hyper Text Type Protocol)
Standard aturan yang digunakan untuk melakukan komunikasi jaringan pada komputer.
2. URL (Uniform Resource Locator)
Alamat yang digunakan untuk mengakses situs web.
URL terbagi menjadi beberapa bagian:
   a. Anchor name
   b. Protocol transfer(http,ftp dll)
   c. Host name
   d. Path/nama file
   e. Document file name
3.Client server
4.HTML(Markup Languange)

Hal yang harus dikuasai oleh seorang web designer :

(1) Penguasaan cita rasa seni

  • Mengeksplorasi Imajinasinya dan menggali cita rasa seninya yang dituangkan kedalam halaman web.
  • Mampu memilih warna yang baik dan memadukannya dengan warna yang lain sehingga menciptakan pepaduan warna yang serasi.
  • Mampu membuat bentuk atau skeysa yang baik dari bentuk halaman web.
  • Mampu menggabukan imajinasi atau ide original dan menggabungkannya dari pihak client.
  • Mampu menempatkan komponen multimedia pada bagian-bagian tertentu sehingga halaman web lebih menarik.

(2) Penguasaan tool pendukung perancangan web

  • Program aplikasi pengatur layout web
  • Macromedia dreamweaver,Ms.Frontpage,edit plus,php dll.
  • Program aplikasi pembuat animasi
  • Macromedia Flash ,Swish Program aplikasi pembuat design grafis Photoshop, Corel ,Paint dll.

(3) Penguasaan membuat Interface
(4) Penguasaan Bahasa pemrograman

Terima kasih sudah membaca semoga apa yang kita baca hari ini bisa bermanfaat bagi kita semua, sebelum meninggalkan blogger joeshapictures sebaiknya di share dulu, apa yang kita dapat hari ini ada baiknya jika kita membagikan pengetahuan kepada orang lain. Sampai jumpa di artikel selanjutnya . . .

2 komentar:

Unknown said...

makasih gan infonya, sangat bermanfaat

http://www.atamluhur.ac.id

https://kawakenakeruce.mahasiswa.atmaluhur.ac.id

benny said...

Nice posting gan, sangat membantuku - web designs.